kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inflasi Jepang di Atas Target BOJ, Indeks Utama Capai Level Tertinggi Empat Dekade


Jumat, 21 April 2023 / 07:44 WIB
Inflasi Jepang di Atas Target BOJ, Indeks Utama Capai Level Tertinggi Empat Dekade


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  TOKYO. Inflasi konsumen di Jepang tetap stabil di atas target bank sentral pada bulan Maret, dan indeks harga konsumen yang tidak termasuk biaya bahan bakar naik pada laju tahunan tercepat dalam empat dekade, data menunjukkan bahwa tekanan harga meluas di ekonomi terbesar ketiga di dunia.

Data ini dapat mempertahankan harapan pasar bahwa Bank of Japan (BOJ) dapat menghentikan program stimulus besar-besaran akhir tahun ini yang telah menuai kritik publik karena mengganggu pasar obligasi dan merusak margin lembaga keuangan.

Indeks harga konsumen inti (CPI), yang tidak termasuk makanan segar yang mudah menguap tetapi termasuk biaya energi, naik 3,1% pada bulan Maret dibandingkan tahun sebelumnya, menurut data pemerintah yang dirilis pada hari Jumat, sesuai dengan perkiraan rata-rata pasar.

Baca Juga: Analisis: Jika Beijing Invasi Taipei, AS-Taiwan Bakal Mampu Menangkis Serangan

Ini mengikuti kenaikan bulan Februari sebesar 3,1%, yang merupakan penurunan tajam dari puncak tertinggi dalam 41 tahun pada bulan Januari sebesar 4,2%, yang sebagian besar disebabkan oleh pengaruh subsidi pemerintah untuk menekan tagihan utilitas rumah tangga.

Indeks yang menghilangkan efek makanan segar dan energi, yang diawasi ketat oleh BOJ sebagai ukuran yang lebih baik dari tren harga mendasar, naik 3,8% pada bulan Maret dari 3,5% pada bulan Februari dan telah meningkat selama 10 bulan berturut-turut.

Kenaikan tahun ke tahun dalam apa yang disebut "inti inti" indeks adalah yang tercepat sejak Desember 1981, ketika Jepang menghadapi gelembung ekonomi yang meletus.

Kenaikan harga komoditas global yang berkelanjutan telah mendorong banyak perusahaan Jepang, yang sebelumnya enggan menaikkan harga, akhirnya menaikkan biaya kepada konsumen, mendorong inflasi konsumen jauh melampaui target BOJ sebesar 2%.

Baca Juga: Bos BI Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun Ini Bisa Capai 5,3%

Pejabat-pejabat BOJ, termasuk gubernur baru Kazuo Ueda, telah berjanji untuk tetap menjaga kebijakan moneter yang sangat longgar sampai ada lebih banyak bukti bahwa kenaikan inflasi berkelanjutan dan didorong oleh permintaan yang kuat daripada tekanan pasokan.

Pada pertemuan penetapan kebijakan pertama Ueda minggu depan, bank sentral diperkirakan tidak akan membuat perubahan besar pada kebijakan pengendalian imbal hasil obligasi dan panduan dovish pada prospek suku bunga, menurut sumber yang mengetahui pemikirannya.

Pasar akan memfokuskan pada laporan prospek triwulanan BOJ yang akan dirilis setelah pertemuan tersebut, yang akan mencakup prakiraan inflasi hingga tahun fiskal 2025.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×