kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45939,14   -24,59   -2.55%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Analisis: Jika Beijing Invasi Taipei, AS-Taiwan Bakal Mampu Menangkis Serangan


Minggu, 16 April 2023 / 08:00 WIB
Analisis: Jika Beijing Invasi Taipei, AS-Taiwan Bakal Mampu Menangkis Serangan


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Menurut sebuah analisis think tank, AS dan Taiwan kemungkinan akan mampu menangkis invasi China. Akan tetapi itu akan menimbulkan kerugian besar di kedua sisi.

Melansir Business Insider, pada minggu ini, China melakukan latihan militer selama tiga hari di sekitar Taiwan tak lama setelah presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, melakukan perjalanan ke AS untuk bertemu dengan Ketua DPR AS Kevin McCarthy.

Latihan tersebut melibatkan praktik pengepungan pulau, yang dianggap Beijing miliknya, dan mensimulasikan serangan langsung ke Taiwan dari laut, udara, dan daratan China. Hal ini digambarkan oleh beberapa analis sebagai peningkatan latihan yang dilakukan pada bulan Agustus.

Wadah pemikir yang berbasis di Washington, Pusat Studi Strategis dan Internasional, melakukan latihan perang tahun lalu untuk membayangkan bagaimana konflik semacam itu akan terjadi.

“Kabar baiknya adalah bahwa pada akhir dari semua iterasi sejauh ini, ada Taiwan yang otonom,” kata Mark Cancian, penasihat senior di Pusat Kajian Strategis dan Internasional, kepada Insider.

Baca Juga: Xi Jinping Minta Militer China Memperdalam Pelatihan dan Kesiapan Tempur

“Amerika Serikat dan Taiwan pada umumnya berhasil menjaga pulau itu dari pendudukan China, tetapi harganya sangat tinggi – kerugian ratusan pesawat, kapal induk, dan kehancuran yang mengerikan bagi ekonomi Taiwan dan juga angkatan laut dan angkatan udara China."

Menurut The Times of London, dalam salah satu skenario yang lebih pesimistis, 900 pesawat tempur Amerika akan hilang dalam empat minggu. Jumlah itu setara dengan setengah dari pesawat tempur Angkatan Udara dan Angkatan Laut AS.

Tetapi, sementara AS kemungkinan akan menderita kerugian besar dalam konflik skala penuh dengan China, Cancian mencatat bahwa, secara umum, China kemungkinan akan lebih menderita.

“Saya akan mengatakan dalam kebanyakan skenario, armada China lebih menderita karena sangat terbuka,” katanya.

Dia mencatat bahwa mereka kemungkinan akan kehilangan lebih dari 100 kapal selama invasi amfibi.

Baca Juga: Taiwan Sebut Zona Larangan Terbang China Pengaruhi Sekitar 33 Penerbangan

Permainan perang dirancang untuk membantu membayangkan bagaimana konflik akan terjadi. Dalam konflik khayalan ini, yang akan terjadi pada tahun 2026, masing-masing pihak hanya memiliki kemampuan militer yang telah ditunjukkannya dalam kehidupan nyata.

Permainan tersebut melibatkan dua papan dengan peta operasional Pasifik Barat, termasuk Taiwan, Jepang, China, dan penghitung yang dipindahkan ke seluruh papan.

Tim menggunakan model komputer dan tabel hasil pertempuran untuk memutuskan apa yang terjadi berdasarkan analisis pengalaman sejarah. Dadu digunakan untuk menambahkan unsur keacakan.




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×