kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,27   -23,45   -2.53%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 5 negara yang telah dan akan larang penerbangan dari Inggris karena Covid-19


Minggu, 20 Desember 2020 / 23:05 WIB
Ini 5 negara yang telah dan akan larang penerbangan dari Inggris karena Covid-19


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Inggris telah mengakui adanya mutasi varian baru virus corona di wilayahnya. Varian baru tersebut bahkan disebut menyebar dengan lebih cepat. Melansir Kompas.com, Sabtu (19/12/2020), Kepala Tenaga Medis Inggris Chris Witty mengatakan pemerintah telah melaporkan temuan varian baru virus corona ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

Namun, terkait dengan temuan varian baru virus corona ini, sejumlah negara pun mengambil upaya pencedagah dengan melarang penerbangan masuk dari Inggris. Mana saja negara yang telah dan masih mempertimbangkan melarang penerbangan dari Inggris? 

1. Belanda 

Belanda melarang penerbangan dari Inggris mulai 20 Desember 2020 sejak pukul 06.00 pagi hingga 1 Januari 2021. Warga juga diminta tidak bepergian ke luar negeri, kecuali mendesak. Keputusan tersebut diambil beberapa jam setelah Inggris mengumumkan perintah tinggal di rumah untuk memperlambat penyebaran virus baru. 

“Menunggu informasi lebih lanjut dan penjelasan tentang situasi epidemiologi di Inggris, (lembaga kesehatan masyarakat) merekomendasikan pembatasan masuknya jenis virus ini dari Inggris dengan membatasi atau mengontrol pergerakan penumpang," tulis pernyataan Pemerintah Belanda dalam situsnya dikutip dari Independent. 

Mengutip dari Euro News, pada awal Desember 2020, pengambilan sampel di Belanda telah mengungkapkan temuan virus corona dengan varian serupa di Inggris. Saat ini para ahli telah melacak kasus yang berpotensi terkait. 

2. Belgia 

Belgia juga mengumumkan pelarangan semua penerbangan dan kereta api dari Inggris. Larangan tersebut berlaku mulai Minggu (20/12/2020) tengah malam dan akan diberlakukan setidaknya selama 24 jam. "Kita akan lihat nanti apakah kita memerlukan tindakan tambahan," ujar Perdana Menteri Alexander De Croo dikutip dari BBC. 

Baca Juga: Optimisme terhadap kehadiran vaksin Covid-19 dapat pulihkan perekonomian nasional

3. Jerman 

Jerman masih mempertimbangkan untuk melarang penerbangan dari Inggris dan Afrika Selatan. Pertimbangan ini muncul usai melihat yang dilakukan Belanda. "Pemerintah Jerman sedang mempertimbangkan langkah serupa sebagai opsi serius melarang penerbangan dari Inggris dan Afrika Selatan," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan Jerman kepada AFP. 

Ia menyebut saat ini Jerman tengah memantau dengan cermat perkembangan varian baru virus corona. Jerman telah berkomunikasi dengan Uni di Eropa terkait hal itu. Ahli virologi di Rumah Sakit Charite Berlin, Christian Drosten, dalam twitnya mengungkapkan di Jerman belum terdeteksi adanya jenis virus baru virus corona seperti di Inggris. 

4. Italia 

Italia, saat ini juga berencana menangguhkan penerbangan dari Inggris. Menteri Luar Negeri Italia Luigi Di Maio mengatakan di halaman Facebooknya bahwa pemerintah akan menandatangani tindakan guna menangguhkan penerbangan dari Inggris. 

5. Perancis 

Perancis juga tengah mempertimbangkan penangguhan penerbangan dan kereta api dari Inggris. Saluran Berita Perancis, BFMTV, memberitakan keputusan akan diumumkan Minggu siang. Pemerintah Perancis kini sedang berkoordinasi dengan Uni Eropa.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Negara yang Telah dan Akan Larang Penerbangan dari Inggris karena Varian Baru Corona"

Selanjutnya: Varian baru virus corona (Covid-19) di Inggris menyebar lebih cepat




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×