kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Varian baru virus corona (Covid-19) di Inggris menyebar lebih cepat


Minggu, 20 Desember 2020 / 13:51 WIB
Varian baru virus corona (Covid-19) di Inggris menyebar lebih cepat
ILUSTRASI. Corona di Inggris. REUTERS/Peter Nicholls


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala tenaga medis Inggris Chris Witty pada Sabtu (19/12/2020) mengonfirmasi, varian baru virus corona yang muncul di sana dapat menyebar lebih cepat. Ia pun mendesak masyarakat agar lebih waspada guna mengurangi risiko penularan. Whitty juga mengatakan, Inggris sudah melaporkan temuan ini ke Badan Kesehatan Dunia (WHO). 

Sebelumnya Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock pada Senin (14/12/2020) menyampaikan, para ilmuwan telah mengidentifikasi jenis baru virus corona di Inggris selatan, yang bisa menyebar lebih cepat. Kasus Covid-19 di Inggris terus melonjak diikuti jumlah orang yang dirawat inap. 

Perdana Menteri Boris Johnson lalu mengumumkan pembatasan perjalanan baru untuk London dan Inggris tenggara jelang Natal. "Sebagai dampak dari penyebaran cepat varian baru, data pemodelan awal dan tingkat insiden yang meningkat pesat di Tenggara, (badan ahli yang memberi masukan ke pemerintah) sekarang mempertimbangkan varian baru ini dapat menyebar lebih cepat," kata Whitty dikutip dari AFP. 

Baca Juga: Ada reaksi parah, mereka-mereka ini tidak bisa mendapatkan vaksin Covid-19

"Kami sudah memberitahu Badan Kesehatan Dunia," katanya seraya menambahkan belum ada bukti varian baru virus corona ini menyebabkan tingkat kematian lebih tinggi. 

Belum ada bukti juga jenis baru virus corona berdampak pada vaksin dan perawatan, dan penelitian terus berlanjut untuk mendalaminya. Pada Jumat (18/12/2020) kasus positif virus corona di Inggris bertambah 28.507, sedangkan pekan lalu jumlah kasusnya naik 40,9 persen dibanding pekan sebelumnya. 

Secara total, virus corona di Inggris telah menginfeksi lebih dari 1,98 juta orang. Warga Wales dan Irlandia Utara akan di-lockdown setelah Natal, tapi Johnson tidak mau menerapkan langkah serupa di Inggris. "Kami sangat berharap bisa menghindari hal semacam itu. Tetapi kenyataannya tingkat infeksi meningkat pesat dalam beberapa minggu terakhir."

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Inggris Akui Varian Baru Virus Corona Menyebar Lebih Cepat"

Selanjutnya: AS terbanyak, kasus corona global sudah melampaui 75 juta kasus




TERBARU

[X]
×