kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,66   16,77   1.89%
  • EMAS977.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.30%
  • RD.CAMPURAN 0.14%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.17%

Ini daftar harta Pangeran Mohammed bin Salman: Kastil sampai kapal pesiar terbesar


Senin, 07 September 2020 / 08:18 WIB
Ini daftar harta Pangeran Mohammed bin Salman: Kastil sampai kapal pesiar terbesar
ILUSTRASI. Ini daftar harta Pangeran Mohammed bin Salman, dari kastil, kapal pesiar terbesar dll. REUTERS/Kevin Lamarque

Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Riyadh. Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman bin Abdul Aziz Al-Saud merupakan kekuatan di balik upaya Arab Saudi dalam memodernisasi dan dianggap sebagai kekuatan sejati Kerajaan Arab itu. Dengan kekayaan yang bejibun, putra mahkota Arab Saudi yang dikenal dengan sebutan MBS ini pun memiliki daftar aset yang mencengangkan.

Dilansir dari The Sun, pria berusia 35 tahun itu adalah wajah publik dari Kerajaan Saudi dengan kekayaan kolektif berkisar 1 triliun Pound Inggris (sekitar Rp 19.635 triliun). Angka itu sangat mencengangkan, hampir 16 kali lebih tinggi dari Kerajaan Inggris. Kekayaan mereka berasal dari cadangan minyak yang sangat besar yang ditemukan di Arab Saudi lebih dari 75 tahun lalu pada masa pemerintahan Raja Abdul Aziz bin Al Saud.

MBS diyakini memiliki kehidupan yang mewah dan boros. Dikutip The Sun, Putra Mahkota Arab Saudi ini kerap membelanjakan properti mewah dan diisukan memiliki lukisan termahal di dunia. Putra Mahkota Arab Saudi ini juga dikabarkan gagal membeli Newcastle United, setelah sempat gagal juga mengakuisisi Manchester United.

Bayaran Kastil termahal di dunia Pada 2015, dunia dihebohkan dengan seorang pembeli yang tak disebutkan namanya, membeli sebuah kastil besar bak istana di Perancis, di bagian barat Paris. Kastil atau dalam bahasa Perancis disebut Chateau itu bernama Chateau Louis XIV seluas 4645.152 meter persegi.

Baca juga: Pemprov Banten berlakukan PSBB di seluruh wilayah mulai Senin (7/9), ini penyebabnya

Lalu, 2 tahun kemudian, muncul adanya laporan bahwa pembeli tersebut adalah MBS yang jatuh cinta dengan kastil Louis XIV dalam sebuah perjalanan kerja. Kastil itu memiliki 10 kamar tidur, kolam renang outdoor, perpustakaan dan akuarium yang berfungsi sebagai ruang meditasi dan ruang bawah air transparan. Sesuatu yang lazim ditemui di film-film James Bond.

Kastil yang didirikan di abad ke-17 itu memiliki gudang yang mampu menampung 3.000 botol anggur, sebuah bioskop dan parit besar berisi air. Tak hanya itu, kastil itu juga memiliki kolam renang indoor, lapangan tenis dinding, 2 ruang dansa dan sebuah kelab malam.

Namun, MBS sangat hati-hati menyembunyikan kepemilikannya itu dengan menggunakan jasa perusahaan di Perancis dan Luxemburg. MBS juga dikabarkan memiliki sebuah perkebunan Le Rouvray di tanah seuas 620 hektar, sekitar 1 jam perjalanan dari Paris.

Kerajaan Arab Saudi kemudian dilaporkan menyerahkan hampir 400 juta Pound Inggris (sekitar Rp 7,9 triliun) kepada taipan vodka Rusia Yuri Shefler untuk kapal pesiar super miliknya pada 2015. Kapal pesiar super bernama The Serene itu adalah salah satu kapal terbesar di dunia dengan panjang keseluruhan sekitar 439 kaki dan lebar 60 kaki.

MBS juga dikabarkan mencintai seni dan memiliki lukisan yang nilainya hampir sama dengan harga kapal pesiar yang dia beli dari taipan Rusia. Pada 2017, seseorang dilaporkan telah membeli Salvator Mundi karya Leonardo da Vinci seharga 340 juta Pound Inggris atas nama Putra Mahkota bin Salman.

Bahkan, MBS memiliki rencana untuk membangun kota besar senilai 400 miliar Pound Inggris di atas lahan seluas 10.200 mil persegi di sepanjang Laut Merah. Kota besar itu direncanakan bernama Neom dan pembangunannya akan menjadi 17 kali ukuran London, serta akan dijalankan dengan 100 persen energi mutakhir.




TERBARU
MENAGIH UTANG ITU MUDAH Basic Social Media Marketing Strategy (Facebook & Instagram) Batch 7

[X]
×