kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Ini delapan pendiri perusahaan besar di dunia yang merintis usaha hingga undur diri


Minggu, 15 September 2019 / 17:57 WIB

Ini delapan pendiri perusahaan besar di dunia yang merintis usaha hingga undur diri
ILUSTRASI. Jack Ma


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Industri teknologi terus menyumbang nama besar atas kesuksesannya mendirikan dan memimpin perusahaannya. Beberapa pendiri perusahaan teknologi bahkan membawa perusahaannya hingga mencapai puncak, sebelum akhirnya para pemimpin perusahaan ini mengundurkan diri.

Berikut ini adalah delapan pendiri perusahaan besar di dunia yang memulai, hingga mengundurkan diri dilansir dari m.economictimes.com

1. Jack Ma, pendiri Alibaba

Pada ulang tahunnya yang ke-55, Ma mengundurkan diri sebagai Chief Executive Alibaba, raksasa e-commerce yang ia dirikan dua dekade lalu untuk fokus pada filantropi dan pendidikan. Perpisahannya dihadiri oleh ribuan karyawan Alibaba.

Jack Ma akan mengucapkan pidato perpisahannya di Stadion Olahraga Olimpiade Hangzhou memiliki kapasitas 80.000 orang. Ia menyerahkan posisinya pada CEO Daniel Zhang. Selama 20 tahun, Jack Ma berhasil membuat Alibaba mengantongi keuntungan US$ 460 miliar atau sekitar Rp 6.450 triliun.

Baca Juga: 5 hal yang perlu diketahui tentang Alibaba setelah Jack Ma menyerahkan kendali

2. Bill Gates, pendiri Microsoft

Bill Gates adalah salah satu pendiri Microsoft mengundurkan diri sebagai CEO pada tahun 2000 ketika dia baru berusia 44 tahun, menyerahkan tongkat estafet kepada Steve Ballmer. Empat belas tahun kemudian, Gates juga berhenti sebagai Chief Executive perusahaan, memilih untuk tetap menjadi penasihat. Dia sekarang hanya terlibat dalam menjalankan yayasan dengan istrinya Melinda.

Ia pun mengundurkan diri dari Microsoft karena dinilai selain sudah tidak muda lagi, Bill Gates tidak bisa lagi fokus menangani perusahaan dan menghambat masa transisi perusahaan.

3. Mike Lazaridis, pendiri Research in Motion (RIM)

Pada 2013, salah seorang pendiri Blackberry yang dulu memiliki nama Research in Motion (RIM) pensiun sebagai CEO dan Founder perusahaan yang ia dirikan pada tahun 1984.

Sebelum mengundurkan diri, Mike meluncurkan Blackberry 10 sebagai kontribusi terakhirnya di Perushaan tersebut. Mike yakin perusahaan akan sukses meskipun tanpa dirinya.

4. Mark Pincus, pendiri Zynga

Mark Pincus adalah pendiri perusahaan game sosial seluler yang populer yaitu Zynga. Pada tahun 2014 ia mengundurkan diri dari perusahaan tersebut.

Posisinya digantikan oleh Don Mattrick, Head of Xbox Business Microsoft. Namun, setahun kemudian, Pincus harus kembali untuk memimpin perusahaan setelah Don Mattrick pergi. Setahun kemudian, dia kembali mengundurkan diri sebagai kepala eksekutif.


Reporter: Ahmad Ghifari
Editor: Herlina Kartika

Video Pilihan


Close [X]
×