Ini negara-negara yang bersiap dan sudah mengevakuasi warganya dari China

Jumat, 31 Januari 2020 | 16:19 WIB Sumber: Reuters
Ini negara-negara yang bersiap dan sudah mengevakuasi warganya dari China

ILUSTRASI. Penumpang pesawat menggunakan masker di Bandara Internasional Shanghai untuk menghindari penularan virus corona

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Semakin banyak negara di dunia berencana mengevakuasi staf diplomatik dan warganya dari wilayah China yang terkena virus corona baru yang menyebar dengan cepat.

Berikut ini adalah rencana evakuasi beberapa negara, dan bagaimana negara tersebut menekan risiko kesehatan dari mereka yang kembali seperti disarikan Reuters.

1. Korea Selatan

Ratusan warga Korea Selatan terbang pulang dengan penerbangan carter dari China disambut dengan tanda selamat datang pada Jumat ketika mereka tiba di pusat karantina di mana penduduk terdekat telah melakukan protes hanya sehari sebelumnya.

Baca Juga: Kemenlu janji evakuasi WNI dari Hubei, China dalam waktu kurang dari 24 jam

Ke-368 warga Korea Selatan diangkut ke dua fasilitas karantina di Asan dan Jincheon, kota-kota sekitar 80 km (50 mil) selatan ibukota Seoul, tempat mereka akan diisolasi. Pesawat yang membawa para pengungsi dari Wuhan, pusat penyebaran virus di Cina, mendarat di Seoul sebelumnya.

2. Jepang

Penerbangan carter ketiga yang memulangkan orang-orang Jepang tiba dari Wuhan pada Jumat, sehingga jumlah total warga negara Jepang yang dipulangkan menjadi 565 orang.

Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi mengatakan Jepang membuat pengaturan untuk memulangkan semua orang Jepang yang ingin kembali dari Wuhan dan sekitarnya, tetapi itu pesawat keempat tidak mungkin dikirim minggu ini.

3. Kazakhstan

Negara ini telah meminta Beijing untuk mengizinkan 98 siswa Kazakhtan meninggalkan Wuhan.

4. Jerman

Jerman akan mengevakuasi 90 warga dari daerah Wuhan.

Baca Juga: Gila! Permintaan masker melonjak 57.000% gara-gara virus corona

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru