kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Ini perilaku konsumen memakai ponsel saat belanja


Selasa, 17 Juli 2012 / 11:00 WIB
Ini perilaku konsumen memakai ponsel saat belanja
ILUSTRASI. Kantor dan pelayanan PT Asabri (Persero) di Jakarta


Reporter: Erindia Deviana, Mashable | Editor: Edy Can

Sebagian besar konsumen di Amerika Serikat rupanya memanfaatkan ponsel pintar (smartphone) saat berbelanja di pertokoan. Perilaku konsumen ini ternyata dipantau oleh peritel seperti Target dan Best Buy.

Para peritel ini bahkan mendorong konsumen menggunakan ponsel untuk memantau karateristik pelanggannya. Target misalnya memberikan beragam kartu ucapan dan hadiah lainnya ketika berkunjung via internet dan memindai produk dalam toko.

Sementara, peritel lain, Best Buy berusaha menghalangi konsumen dengan menutupi barcode produknya. Tujuannya untuk memancing konsumen membandingkan harga produk yang sama kompetitornya.

Nah, hasil survei baru-baru ini yang dilakukan Emphatica terhadap 6.500 pengguna internet di Amerika Serikat menunjukkanya ternyata 52% diantaranya memakai ponsel saat belanja. Sebanyak 55% dari pengguna ponsel ini ternyata menggunakannya untuk membandingkan harga produk antara satu peritel dengan lainnya.

Lalu, sebanyak 34% konsumen memindai kode QR terlebih dahulu sebelum berbelanja. Sebanyak 27% membaca tinjauan produk sebelum memutuskan untuk membeli.

Berikut aktivitas konsumen ritel dalam menggunakan social media dan perangkat online;

1. Sebanyak 55% menyukai merek yang ada di Facebook.
2. Sebesar 37% mengunjungi situs merek barang tertentu lewat ponsel
3. Sebesar 31% membeli kupon dari situs belanja
4. Sebesar 27% memeriksa lokasi toko lewat ponsel
5. Sebesar 26% mengunduh aplikasi mobil merek tertentu
6. Sebesar 23% memindai kode QR
7. Sebanyak 8% men-twit tentang suatu merek.



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×