kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,41   -5,94   -0.64%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Sejarah Ukraina yang Penuh Gejolak Sejak Merdeka pada Tahun 1991


Selasa, 01 Maret 2022 / 09:05 WIB
Ini Sejarah Ukraina yang Penuh Gejolak Sejak Merdeka pada Tahun 1991
ILUSTRASI. Pasukan Rusia menembakkan rudal ke beberapa kota Ukraina dan mendaratkan pasukan di pantai selatannya pada Kamis (24/2/2022). REUTERS/Gleb Garanich


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - KYIV. Pasukan Rusia menembakkan rudal ke beberapa kota Ukraina dan mendaratkan pasukan di pantai selatannya pada Kamis (24/2/2022), tepat setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengesahkan apa yang disebutnya operasi militer khusus di Ukraina timur. 

Mengutip informasi di Reuters, berikut adalah kronologi peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah politik Ukraina sejak memperoleh kemerdekaan dari Moskow pada 1991.

1991: Leonid Kravchuk, pemimpin republik Soviet Ukraina, mendeklarasikan kemerdekaan dari Moskow. Dalam referendum dan pemilihan presiden, Ukraina menyetujui kemerdekaan dan memilih presiden Kravchuk.

1994: Leonid Kuchma mengalahkan Kravchuk dalam pemilihan presiden yang dianggap sebagian besar bebas dan adil oleh para pengamat.

1999: Kuchma terpilih kembali dalam pemungutan suara yang penuh dengan ketidakberesan.

2004: Kandidat pro-Rusia Viktor Yanukovich dinyatakan sebagai presiden tetapi tuduhan kecurangan suara memicu protes dalam apa yang dikenal sebagai Revolusi Oranye, memaksa pemilihan ulang. Seorang mantan perdana menteri pro-Barat, Viktor Yuschenko, terpilih sebagai presiden.

Baca Juga: Ukraina Serukan Zona Larangan Terbang untuk Setop Aksi Pemboman Rusia

2005: Yuschenko mengambil alih kekuasaan dengan janji untuk memimpin Ukraina keluar dari orbit Kremlin, menuju NATO dan Uni Eropa. Dia menunjuk mantan bos perusahaan energi Yulia Tymoshenko sebagai perdana menteri tetapi setelah pertempuran di kubu pro-Barat, dia dipecat.

2008: NATO menjanjikan Ukraina suatu hari akan bergabung dengan aliansi.

2010: Yanukovich mengalahkan Tymoshenko dalam pemilihan presiden. Rusia dan Ukraina mencapai kesepakatan harga gas sebagai imbalan untuk memperpanjang sewa untuk angkatan laut Rusia di pelabuhan Laut Hitam Ukraina.

2013: Pemerintah Yanukovich menangguhkan pembicaraan perdagangan dan asosiasi dengan Uni Eropa pada November dan memilih untuk menghidupkan kembali hubungan ekonomi dengan Moskow, yang memicu demonstrasi massal selama berbulan-bulan di Kyiv.

2014: Protes, sebagian besar terfokus di sekitar alun-alun Maidan Kyiv, berubah menjadi kekerasan. Puluhan pengunjuk rasa tewas.

Baca Juga: Mriya, Pesawat Terbesar di Dunia Milik Ukraina yang Rusia Hancurkan saat Invasi




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×