Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.125
  • EMAS682.000 0,44%
  • RD.SAHAM 0.04%
  • RD.CAMPURAN 0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

Ini transkrip pidato Jerome Powell The Fed usai FOMC (26 September 2018)

Kamis, 27 September 2018 / 05:31 WIB

Ini transkrip pidato Jerome Powell The Fed usai FOMC (26 September 2018)
ILUSTRASI. Ketua The Fed Jerome Powell

KONTAN.CO.ID - The Fed. Usai Sidang Komite Pasar Terbuka (FOMC), Ketua Federal Reserve Jerome Powell menggelar konferensi pers dengan para jurnalis. Sebelum sesi tanya jawab, Powel menyampaikan sebuah pidato pengantar yang membeberkan pandangan-pandangan FOMC berkaitan dengan kebijakan terakhir untuk menaikkan bunga dana federal.

Berikut ini transkrip lengkap pidato pengantar tersebut.

Selamat siang, semuanya. Terima kasih banyak karena berada di sini. Saya akan mulai dengan ikhtisar tentang bagaimana rekan-rekan saya dan saya melihat ekonomi, apa yang kami putuskan hari ini, dan sedikit tentang harapan kami untuk beberapa bulan ke depan.


Perekonomian kita kuat. Pertumbuhan sedang berjalan dengan fase yang sehat. Pengangguran rendah, jumlah orang yang bekerja meningkat terus, dan upah naik. Inflasi rendah dan stabil. Semua ini adalah tanda-tanda yang sangat bagus. Tentu saja, itu tidak mengatakan bahwa semuanya sempurna. Manfaat ekonomi yang kuat ini belum mencapai semua orang Amerika. Banyak tantangan ekonomi negara kita berada di luar ruang lingkup The Fed, tetapi rekan-rekan saya dan saya melakukan semua yang kami bisa untuk menjaga ekonomi tetap kuat, sehat, dan bergerak maju. Itu adalah cara terbaik untuk mempromosikan lingkungan di mana setiap orang Amerika memiliki peluang untuk berhasil.

Setiap kali rekan-rekan saya dan saya bertemu, kami menghadapi pertanyaan yang sama: Bagaimana kami bisa menetapkan kebijakan untuk mendukung pertumbuhan pekerjaan dan inflasi rendah dan stabil? Selama bertahun-tahun, pertanyaan ini meminta suku bunga yang sangat rendah untuk membantu perekonomian yang telah rusak akibat krisis keuangan mendalam yang mencengkeram dunia 10 tahun lalu. Ketika ekonomi terus menguat, Fed secara bertahap mengembalikan suku bunga lebih dekat ke tingkat yang normal dalam ekonomi yang sehat. Kami mengambil langkah lain di jalur itu hari ini, dengan peningkatan seperempat poin suku pada bunga jangka pendek.

Angka-angka ini tetap rendah, dan rekan-rekan saya dan saya percaya bahwa kembalinya secara bertahap ke keadaan normal akan membantu mempertahankan ekonomi yang kuat ini demi manfaat jangka panjang dari semua orang Amerika.

Seperti yang saya sebutkan, 10 tahun telah berlalu sejak krisis keuangan mendalam -bagian yang menyakitkan dari sejarah kita yang membuat banyak orang Amerika kehilangan pekerjaan mereka, rumah mereka, dan, untuk beberapa, harapan dan impian mereka. Selain mempertahankan suku bunga rendah untuk mendukung pemulihan, kami juga telah mengambil banyak langkah untuk membuat sistem keuangan lebih aman. Secara khusus, kami menjaga bank-bank terbesar dengan standar yang jauh lebih tinggi dalam hal jumlah modal dan likuiditas yang mereka pegang, dan dalam cara mereka menilai dan mengelola risiko yang mereka ambil. Saya yakin bahwa sistem saat ini lebih kuat dan dalam posisi yang jauh lebih baik untuk mendukung kebutuhan keuangan rumah tangga dan bisnis melalui masa-masa baik dan buruk. Kami terus bekerja untuk mempertahankan perbaikan mendasar ini sambil memastikan bahwa regulasi itu efektif dan efisien.

Sekarang, izinkan saya untuk lebih detail tentang perkembangan yang memotivasi keputusan kebijakan hari ini.

Belanja rumah tangga dan investasi bisnis meningkat dengan cepat, dan prospek pertumbuhan keseluruhan tetap baik. Beberapa faktor mendukung penilaian ini: Kebijakan fiskal meningkatkan ekonomi, perolehan pekerjaan yang sedang berlangsung meningkatkan pendapatan dan kepercayaan diri, dan kondisi keuangan secara keseluruhan tetap akomodatif. Kondisi ini konsisten dengan Ringkasan Proyeksi Ekonomi kami untuk pertemuan ini. Median proyeksi peserta Komite untuk pertumbuhan GDP riil adalah 3,1% tahun ini dan 2,5%  tahun depan.

Tambahan lapangan kerja rata-rata 185.000 per bulan selama tiga bulan terakhir, jauh di atas kecepatan yang dibutuhkan dalam jangka panjang untuk menyediakan pekerjaan bagi angkatan kerja baru. Tingkat pengangguran mencapai 3,9% pada bulan Agustus, dan telah mendekati tingkat itu sejak April. Dalam variasi bulan ke bulan, tingkat partisipasi angkatan kerja tetap berada di tingkat yang pernah tercapai pada akhir 2013 -yang merupakan tanda positif, mengingat bahwa pertambahan penduduk usia lanjut kita menekan tingkat partisipasi. Kami berharap pasar kerja tetap kuat. Dan median proyeksi peserta Komite atas tingkat pengangguran akhir tahun ini adalah 3,7%, dan sedikit lebih rendah daripada tahun 2019.

Secara keseluruhan, harga konsumen, yang diukur dengan indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (inflasi PCE), meningkat 2,3% selama 12 bulan yang berakhir pada bulan Juli. Indeks harga inti, yang mengecualikan harga energi dan makanan dan cenderung menjadi indikator yang lebih baik dari inflasi masa depan, naik 2% dibandingkan periode yang sama. FOMC mencari, dan mengharapkan untuk melihat, inflasi tetap di sekitar target jangka panjang 2% yang dikelola secara berkelanjutan. Pada waktu tertentu, inflasi mungkin agak di atas atau di bawah 2%. Sebagai contoh, kenaikan harga minyak baru-baru ini telah mendorong inflasi sedikit di atas 2%, tetapi kami berharap ini menjadi sementara, sebagaimana tercermin dalam proyeksi kami. Proyeksi median untuk kedua ukuran inflasi secara keseluruhan dan inti tetap sangat dekat dengan 2% di seluruh horizon proyeksi.

Hari ini Komite menaikkan kisaran target untuk tingkat dana federal sebesar 1/4 poin persentase, membawanya ke 2% hingga 2,25%. Tindakan ini mencerminkan kekuatan yang kami lihat dalam perekonomian, dan merupakan satu langkah lagi dalam proses yang kami mulai hampir tiga tahun lalu, yang secara bertahap mengembalikan suku bunga ke tingkat yang lebih normal. Ke depan, proyeksi hari ini menunjukkan peningkatan suku bunga secara bertahap yang terus berlanjut seperti yang diperkirakan pada bulan Juni. Median pandangan para peserta tentang kebijakan yang tepat sampai 2020 tidak berubah sejak pertemuan Juni.

Proyeksi ini memainkan peran penting dalam pekerjaan kami. Rekan-rekan saya dan saya percaya bahwa berguna untuk mengkomunikasikan pandangan kami tentang kemungkinan prospek ekonomi dan kebijakan. Kami sadar betul, bagaimanapun, bahwa kebijakan ekonomi yang mengejutkan, bahkan sekalipun dilakukan dengan sangat hati-hati, akan membangun proyeksi yang tidak pasti. Proyeksi tentang jalur kebijakan yang tepat mengasumsikan bahwa ekonomi berkembang secara luas sejalan dengan proyeksi untuk pertumbuhan, pengangguran, dan inflasi. Jika ekonomi goyah, suku bunga yang lebih rendah akan sesuai. Sebaliknya, jika tekanan inflasi meningkat lebih dari yang diharapkan, suku bunga yang lebih tinggi akan sesuai. Saat ini, seperti pernyataan kami menunjukkan, risiko terhadap prospek ekonomi tampak kurang seimbang.

Para penyimak pernyataan FOMC kemungkinan mencatat bahwa Komite telah menanggalkan sebuah kalimat yang menunjukkan bahwa "sikap kebijakan moneter tetap akomodatif." Perubahan ini tidak menandakan perubahan jalur kemungkinan kebijakan; sebaliknya, itu adalah tanda bahwa kebijakan berjalan sesuai dengan harapan kita. Kami masih memperkirakan, seperti pernyataan kami mengatakan, "peningkatan tahap demi tahap kisaran target bunga dana federal," dan harapan ini tercermin dalam proyeksi yang baru saja saya bahas.

Terima kasih banyak. Saya senang menerima pertanyaan Anda.

 


Sumber : The Fed
Editor: Hasbi Maulana
Video Pilihan

TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0007 || diagnostic_api_kanan = 0.0480 || diagnostic_web = 0.2956

Close [X]
×