Inikah Pemimpin Korea Utara Selanjutnya Pengganti Kim Jong Un?

Senin, 21 November 2022 | 05:18 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Inikah Pemimpin Korea Utara Selanjutnya Pengganti Kim Jong Un?

ILUSTRASI. Putri pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un membuat penampilan publik pertamanya pada hari Jumat (18/11/2022). KCNA via REUTERS  


KONTAN.CO.ID - PYONGYANG. Putri pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un membuat penampilan publik pertamanya pada hari Jumat (18/11/2022) selama uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM).

Mengutip The Hill, media pemerintah Korea Utara melaporkan pada hari Sabtu bahwa Kim menyaksikan peluncuran bersama istrinya, putri tercinta mereka, dan pejabat lainnya.

Amerika Serikat dan para pemimpin dunia lainnya mengutuk uji ICBM Korea Utara sebagai pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB.

Peluncuran terjadi selama KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik di Thailand, di mana Wakil Presiden AS Kemala Harris turut hadir.

Sebuah surat kabar besar di Korea Utara, Rodong Sinmun, merilis foto-foto Kim yang sedang menonton uji coba ICBM bersama putrinya. Gambar juga menunjukkan putrinya dengan rambut diikat ke belakang dan mengenakan jaket putih dan sepatu merah saat dia berjalan dengan pemimpin Korea Utara dengan latar belakang rudal besar.

Baca Juga: Dugaan Korut Pasok Peluru Artileri ke Rusia Kian Menguat, Ini Indikasinya

Media Korea Utara sebelumnya tidak melaporkan keberadaan putrinya dan tidak menyebutkan nama atau usianya.

Mengutip Economic Times, nama putri Kim itu diyakini bernama Kim Chu-ae. Foto-foto dari acara tersebut menunjukkan pasangan bergandengan tangan selama tes.

Menariknya, pengungkapan putri Kim Jong lebih banyak menjadi berita utama daripada keberhasilan peluncuran rudal balistik antarbenua Korea Utara yang dikatakan mampu menghantam Amerika Serikat. 

Media Korea Selatan melaporkan bahwa Kim menikah pada 2009 dan memiliki tiga anak, yang lahir pada 2010, 2013, dan 2017.

The Hill melaporkan, Kim belum secara terbuka mengumumkan calon penggantinya saat pemerintahannya berakhir. Para analis mengatakan, putrinya bisa menjadi salah satu kemungkinan menjadi penerusnya, terutama jika Kim terus membawanya ke acara semacam ini.

Baca Juga: Dunia Menahan Napas, Korea Utara Rencanakan Uji Coba Nuklir Pertama dalam Lima Tahun

Laporan media secara luas berspekulasi siapa yang bisa menggantikan Kim saat dia menghilang dari pandangan publik pada tahun 2020. Pada saat itu, beredar desas-desus tentang kesehatannya. Banyak yang mengindikasikan bahwa adik perempuan Kim, Kim Yo Jong, akan menjadi pemimpin jika dia tidak dapat melanjutkan kepemimpinannya.

Namun, Kim akhirnya muncul kembali dan melanjutkan pemerintahan 10 tahunnya yang dimulai setelah kematian ayahnya, Kim Jong Il, pada tahun 2011.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru