kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah 5 Fakta Tentang Rustem Umerov, Menteri Pertahanan Ukraina yang Baru


Jumat, 08 September 2023 / 07:20 WIB
Inilah 5 Fakta Tentang Rustem Umerov, Menteri Pertahanan Ukraina yang Baru
ILUSTRASI. Ukraina menunjuk Rustem Umerov sebagai menteri pertahanan mereka yang baru. REUTERS/Alexander Ermochenko


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - KYIV. Parlemen Ukraina melakukan pemungutan suara yang menyetujui penunjukan Rustem Umerov sebagai menteri pertahanan yang baru pada Rabu (6/9/2023). Hal ini dilakukan setelah Presiden Volodymyr Zelenskiy mengusulkan dirinya untuk menggantikan Oleksii Reznikov.

Melansir Reuters, berikut 5 fakta tentang Umerov:

1. Umerov, 41 tahun, adalah seorang Tatar Krimea, orang Turki dari semenanjung Ukraina di Laut Hitam yang dianeksasi oleh Rusia pada tahun 2014. Ia lahir di Samarkand di Uzbekistan dari keluarga Tatar Krimea yang dideportasi dari Krimea Soviet pada tahun 1940-an. Sejak tahun 2020, Umerov telah menjadi anggota gugus tugas pemerintah Ukraina yang mengerjakan strategi untuk mengakhiri pendudukan Krimea.

2. Pada September 2022, Umerov, yang saat itu menjabat sebagai anggota parlemen dari partai Holos yang pro-Eropa, menjadi kepala Dana Milik Negara, sebuah lembaga yang menjual aset negara kepada investor swasta. Ia berjasa membalikkan keadaan sebuah institusi yang sering terperosok dalam skandal korupsi. Dia juga meluncurkan kembali penjualan properti negara, meningkatkan rekor pendapatan negara selama perang.

Baca Juga: Menteri Pertahanan Rusia Minta Militernya Fokus Berperang di Wilayah Zaporizhzhia

3. Umerov, yang digambarkan sebagai negosiator berbakat oleh orang-orang terdekatnya, adalah anggota tim Ukraina yang mengadakan negosiasi dengan Rusia pada Maret 2022, satu bulan setelah invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina. Ia juga mengambil bagian dalam pembicaraan mengenai kesepakatan masa perang yang ditengahi PBB yang memungkinkan Ukraina mengekspor gandumnya melalui Laut Hitam dan pertukaran tahanan, termasuk yang melibatkan pejuang Azov Ukraina yang ditangkap oleh Rusia selama pertempuran di kota selatan Mariupol di Ukraina. Ia juga menjadi anggota delegasi saat Zelenskiy berkunjung ke Arab Saudi pada bulan Mei, dan menemani Ibu Negara Olena Zelenska dalam kunjungan ke Uni Emirat Arab pada bulan Maret.

4. Umerov memulai karirnya di sektor swasta. Ia bergabung dengan salah satu operator seluler terkemuka di Ukraina pada tahun 2004. Pada tahun 2013 ia mendirikan perusahaan investasinya sendiri, ASTEM, dan ASTEM Foundation-nya. Dia memiliki gelar sarjana ekonomi dan master di bidang keuangan.

Baca Juga: Presiden Zelenskiy Pecat Menteri Pertahanan Masa Perang

5. Saat mengusulkan Umerov, Zelenskiy mengatakan pendekatan baru dan bentuk interaksi lain dengan militer dan masyarakat sangat diperlukan saat invasi Rusia memasuki bulan ke-19.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×