kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AS Resmi Undang Menteri Luar Negeri Baru China Wang Yi ke Washington


Kamis, 03 Agustus 2023 / 08:38 WIB
AS Resmi Undang Menteri Luar Negeri Baru China Wang Yi ke Washington
ILUSTRASI. Amerika Serikat secara resmi mengundang menteri luar negeri China yang baru diangkat kembali, Wang Yi, ke Washington.


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

MENTERI LUAR NEGERI CHINA - Amerika Serikat secara resmi mengundang menteri luar negeri China yang baru diangkat kembali, Wang Yi, ke Washington. Hal itu diungkapkan oleh  Departemen Luar Negeri AS pada hari Selasa (1/8/2023), setelah pendahulu Wang tiba-tiba dicopot dari jabatannya oleh Beijing.

Mengutip Reuters, China menunjuk kembali diplomat veteran Wang pekan lalu, menggantikan Qin Gang yang sudah tidak terlihat selama lebih dari sebulan. Absennya Qin secara misterius setelah hanya tujuh bulan menjabat menimbulkan pertanyaan tentang transparansi.

Kementerian luar negeri China hanya mengatakan Qin tidak bekerja karena alasan kesehatan yang tidak ditentukan.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller mengatakan dalam konferensi pers, undangan untuk Wang disampaikan pada hari Senin selama pertemuan di Departemen Luar Negeri antara Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik Daniel Kritenbrink dan Yang Tao, Direktur Jenderal Urusan Amerika Utara dan Oseania di Kementerian Luar Negeri China.

"Dalam pertemuan kemarin, kami menyampaikan undangan yang sebelumnya telah disampaikan kepada Menteri Luar Negeri Qin Gang dan memperjelas bahwa undangan telah dialihkan," kata Miller.

Baca Juga: Mempertanyakan Nasib Qin Gang Setelah Dipecat dari Posisi Menlu China

Miller tidak mengatakan apakah pihak China telah menerima undangan tersebut tetapi menambahkan bahwa kehadiran Wang adalah harapan Washington.

"Kami tentu berharap itu adalah sesuatu yang akan mereka terima dan merupakan perjalanan yang kami harapkan terjadi, tetapi kami belum menjadwalkan tanggalnya," kata Miller.

Seorang juru bicara kedutaan China di Washington mengatakan bahwa dalam "konsultasi" dengan Kritenbrink, kedua belah pihak melakukan pertukaran pandangan yang jujur, mendalam, dan konstruktif tentang hubungan China-AS serta masalah global dan regional yang menjadi kepentingan bersama.

"Mengenai pertukaran tingkat tinggi, kedua belah pihak telah mempertahankan komunikasi yang diperlukan," tambah juru bicara itu.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken bertemu Qin pada 18 Juni 2023. Ini merupakan kunjungan pertama diplomat top Amerika ke China dalam lima tahun terakhir. Blinken kemudian mengundang Qin ke Washington untuk melanjutkan diskusi.

Baca Juga: Ini Pendapat Analis Soal Qin Gang setelah Menghilang Selama Berminggu-minggu

Blinken kemudian bertemu Wang di sela-sela pertemuan regional di Jakarta tanpa kehadiran Qin.

Wang, 69 tahun, menjabat sebagai menteri luar negeri pada periode 2013-2022 ketika hubungan dengan Amerika Serikat retak hingga titik yang digambarkan Beijing sebagai titik terendah sepanjang masa.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×