kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menteri Luar Negeri China Qin Gang Dipecat dari Jabatannya, Siapa Penggantinya?


Rabu, 26 Juli 2023 / 05:35 WIB
Menteri Luar Negeri China Qin Gang Dipecat dari Jabatannya, Siapa Penggantinya?
ILUSTRASI. Menteri luar negeri China Qin Gang dicopot dari jabatannya pada hari Selasa (25/7/2023). REUTERS/Mohamed Abd El Ghany


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

MENTERI LUAR NEGERI CHINA - Media pemerintah melaporkan, Menteri luar negeri China Qin Gang dicopot dari jabatannya pada hari Selasa (25/7/2023). Pengumuman ini dilakukan setelah Qin menghilang dari mata publik selama sebulan dengan sedikit penjelasan dari Partai Komunis yang berkuasa.

Melansir AFP, ketidakhadiran Qin telah memicu badai spekulasi bahwa pria berusia 57 tahun itu, yang dianggap sebagai orang kepercayaan Presiden Xi Jinping itu, telah menjadi sasaran penyelidikan resmi.

Sebelumnya, kementerian luar negeri China mengatakan ketidakhadiran Qin berkaitan dengan "alasan kesehatan". Akan tetapi, baru-baru ini kemenlu menolak memberikan pembaruan apa pun meskipun ditanyai berulang kali.

Outlet media pemerintah Xinhua mengatakan Selasa malam bahwa badan legislatif tinggi China telah memilih untuk mencopot Qin dari jabatannya dan menggantikannya dengan bosnya Wang Yi.

Xinhua tidak memberikan alasan pemecatan Qin, tetapi mengatakan Xi telah menandatangani perintah presiden untuk memberlakukan keputusan tersebut.

Ditanya berulang kali tentang Qin Selasa pagi, juru bicara kementerian luar negeri Mao Ning mengatakan kepada wartawan bahwa dia "tidak memiliki informasi" untuk ditawarkan dan bersikeras bahwa "aktivitas diplomatik China terus bergerak maju".

Baca Juga: Menteri Luar Negeri China Sudah Menghilang Selama Sebulan, Beijing Masih Bungkam

Rumor yang berkembang

Masih mengutip AFP, China tetap bungkam selama berminggu-minggu tentang nasib Qin, yang tidak pernah terlihat di depan umum sejak 25 Juni ketika dia bertemu dengan wakil menteri luar negeri Rusia Andrey Rudenko di Beijing.

Ketidakhadirannya dari konferensi tingkat tinggi ASEAN di Indonesia dua minggu kemudian membuat banyak orang bertanya-tanya. Pada saat itu, Kemenlu China menyebut kesehatan Qin sebagai alasannya.

Alasan itu tidak banyak membendung desas-desus online. Salah satu di antaranya mengklaim Qin sedang dalam penyelidikan resmi atas dugaan perselingkuhan dengan pembawa acara televisi terkemuka.

Baca Juga: Xi Jinping Sebut Henry Kissinger Sebagai Teman Lama Saat Bertemu di Beijing




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×