kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45889,80   -6,05   -0.68%
  • EMAS1.327.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menteri Luar Negeri China Sudah Menghilang Selama Sebulan, Beijing Masih Bungkam


Minggu, 23 Juli 2023 / 05:08 WIB
Menteri Luar Negeri China Sudah Menghilang Selama Sebulan, Beijing Masih Bungkam
ILUSTRASI. Spekulasi meningkat atas hilangnya menteri luar negeri China secara misterius karena Beijing terus bungkam tentang masalah ini. REUTERS/Mohamed Abd El Ghany


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

MISTERI KEBERADAAN MENLU CHINA - Spekulasi meningkat atas hilangnya menteri luar negeri China secara misterius karena Beijing terus bungkam tentang masalah ini.

Melansir Next Shark dan Daily Beast, berikut rangkuman soal isu hilangnya menteri luar negeri China:

Apa yang terjadi?

Menteri Luar Negeri China Qin Gang, 57 tahun, tidak terlihat di depan umum sejak 25 Juni 2023. Pada hari itu, dia dilaporkan bertemu dengan diplomat senior dari Rusia, Vietnam, dan Sri Lanka.

Qin sejak itu melewatkan acara-acara besar, termasuk pertemuan para menteri luar negeri Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Jakarta. Pekan lalu, dia dijadwalkan bertemu dengan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, tetapi Beijing membatalkan pertemuan itu hanya beberapa hari sebelumnya.

Apa kata China? 

Sejauh ini, China hanya menawarkan satu penjelasan untuk ketidakhadiran Qin yang berkepanjangan. Menjelang pertemuan ASEAN pekan lalu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Wang Wenbin mengatakan kepada wartawan bahwa Qin tidak akan hadir karena “alasan kesehatan.”

Meskipun China bukan bagian dari ASEAN, menteri luar negerinya kerap bergabung dalam pertemuan tahunan untuk mewakili Beijing dalam hal-hal yang berkaitan dengan kawasan—kali ini, terutama aktivitasnya di Laut China Selatan yang disengketakan. Wang Yi, pendahulu Qin dan kepala Komisi Pusat Luar Negeri Partai Komunis saat ini, malah menghadiri pertemuan dua hari itu.

Baca Juga: Prioritas China: Menghentikan Kunjungan Wakil Presiden Taiwan ke AS Bulan Depan

Apa spekulasi yang beredar?

Karena keberadaan Qin masih belum diketahui, rumor terus beredar di internet; di antaranya adalah tuduhan bahwa Qin berselingkuh dengan presenter TV terkemuka Hong Kong. Ketika ditanya oleh seorang reporter tentang rumor tersebut, juru bicara Kementerian Luar Negeri Mao Ning mengatakan pada hari Senin: "Saya tidak mengetahui apa yang Anda katakan."

Baca Juga: Sambut Henry Kissinger, Xi Jinping: Teman Lama Tak Pernah Dilupakan




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×