kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Taiwan Punya Rencana Darurat Jika Diserang China Saat Presiden di Luar Negeri


Rabu, 22 Maret 2023 / 22:46 WIB
Taiwan Punya Rencana Darurat Jika Diserang China Saat Presiden di Luar Negeri
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengunjungi pangkalan militer di Hualien, Taiwan 6 September 2022. Taiwan Punya Rencana Darurat Jika Diserang China Saat Presiden di Luar Negeri.


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  TAIPEI. Kementerian Pertahanan Taiwan memiliki rencana cadangan untuk menghadapi tindakan China selama kunjungan Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, ke luar negeri, kata Wakil Menteri Pertahanan Po Horng-huei pada hari Rabu menjelang Tsai pergi ke Amerika Serikat dan Amerika Tengah minggu depan.

China, yang mengklaim Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai wilayahnya sendiri, melakukan latihan perang dalam skala besar di sekitar pulau itu pada bulan Agustus lalu setelah kunjungan ke Taipei oleh Ketua DPR AS saat itu, Nancy Pelosi.

Tsai akan mengunjungi sekutu diplomatis Guatemala dan Belize dalam perjalanan dimulai minggu depan, tetapi dia akan mampir di New York dan Los Angeles.

Baca Juga: Laksamana Top AS: Gesekan di Indo Pasifik Mencemaskan dan Bergerak ke Arah yang Salah

Ketika berada di California, ia diharapkan bertemu dengan Ketua DPR AS saat ini Kevin McCarthy, bagian yang paling sensitif dari perjalanan tersebut, meskipun kantor presiden Taiwan pada hari Selasa menolak untuk mengkonfirmasi bahwa pertemuan itu akan terjadi.

Ditanya oleh wartawan di sela-sela sidang parlemen apakah China kemungkinan akan melakukan latihan militer lagi ketika Tsai berada di luar negeri, Po mengatakan bahwa pasukan bersenjata sudah siap.

"Ketika berbicara tentang apa yang telah dilakukan oleh komunis China di masa lalu, Kementerian Pertahanan dapat memahaminya dan akan mempertimbangkan skenario terburuk," katanya.

"Selama kunjungan luar negeri presiden, kementerian pertahanan memiliki rencana darurat untuk semua tindakan" oleh China, tambah Po, menolak untuk memberikan rincian.

Baca Juga: Taiwan Luncurkan Drone Kamikaze Portabel Saat Ketegangan dengan China Memanas

Amerika Serikat mengatakan tidak ada alasan bagi China untuk bereaksi terhadap perjalanan Tsai, mengatakan transit seperti itu rutin dan telah terjadi berkali-kali sebelumnya.

China, yang mengecam rencana pemberhentian Tsai di AS, melanjutkan kegiatan militernya di sekitar Taiwan sejak Agustus, meskipun dalam skala yang jauh lebih kecil.

Taiwan menolak klaim kedaulatan China, dengan mengatakan rakyat Taiwan dapat memutuskan masa depan mereka sendiri.




TERBARU

[X]
×