kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Pernyataan Pertama Wang Yi Pasca Diangkat Kembali sebagai Menteri Luar Negeri


Sabtu, 29 Juli 2023 / 08:51 WIB
Ini Pernyataan Pertama Wang Yi Pasca Diangkat Kembali sebagai Menteri Luar Negeri
ILUSTRASI. Wang Yi telah mengeluarkan pernyataan pertamanya pada hari Jumat (28/7/20203) setelah terpilih lagi sebagai menteri luar negeri.


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

MENTERI LUAR NEGERI CHINA - Wang Yi telah mengeluarkan pernyataan pertamanya pada hari Jumat (28/7/20203) sejak pengangkatannya kembali sebagai menteri luar negeri.

Dalam sebuah pernyataan yang diposting di situs web kementeriannya, dia berjanji untuk memperdalam kemitraan dan menjaga kedaulatan.

Diplomat veteran itu ditunjuk sebagai menteri luar negeri lagi pada hari Selasa, menggantikan bintang yang sedang naik daun Qin Gang setelah absen misterius selama satu bulan yang menimbulkan pertanyaan tentang transparansi setelah hanya tujuh bulan bekerja.

Kementerian hanya mengatakan Qin tidak bekerja karena alasan kesehatan yang tidak ditentukan.

Wang mengatakan kementeriannya akan memperdalam kemitraan dengan negara lain dan secara aktif berpartisipasi dalam reformasi tata kelola global dan dengan tegas menjaga kedaulatan, keamanan, pembangunan, dan kepentingan China.

Baca Juga: Ini Pendapat Analis Soal Qin Gang setelah Menghilang Selama Berminggu-minggu

Qin diangkat menjadi menteri luar negeri pada bulan Desember tetapi tidak terlihat di depan umum sejak 25 Juni ketika dia bertemu dengan para diplomat yang berkunjung di Beijing.

Wang, pendahulu Qin di kementerian, memegang jabatan menteri luar negeri dari 2013-2022. Dia juga direktur Kantor Komisi Urusan Luar Negeri Pusat.

Wang, 69 tahun, adalah seorang diplomat karir dan fasih berbahasa Jepang yang menjabat sebagai duta besar China di Tokyo dan kepala Kantor Urusan Taiwan pembuat kebijakan China.

Dijuluki sebagai "rubah perak" oleh media pemerintah China dan pengagum online karena rambutnya yang beruban dan tipu muslihat diplomatik, Wang saat ini mengepalai Komisi Urusan Luar Negeri Partai Komunis China, badan pembuat keputusan kebijakan luar negeri tertinggi.

Wang dianggap oleh beberapa rekan asingnya sebagai seorang yang ramah dan menawan. Dan posisinya semakin tangguh dalam beberapa tahun terakhir: pendukung gaya diplomasi "prajurit serigala" China yang agresif.

Baca Juga: Menteri Luar Negeri China Qin Gang Dipecat dari Jabatannya, Siapa Penggantinya?

"Tidak peduli seberapa pirang Anda mewarnai rambut Anda atau seberapa mancung hidung Anda, Anda tidak akan pernah menjadi orang Eropa, Amerika, atau Barat," kata Wang kepada mitra Korea Selatan dan Jepang di sebuah forum awal bulan ini, dalam sebuah kritik tentang sikap pro-Barat mereka.

Dia mengatakan kepada Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada tahun 2022 bahwa AS harus berhenti mencoba berurusan dengan China.

Ketika dia bertemu Blinken di Beijing bulan lalu - kunjungan pertama diplomat top Washington dalam lima tahun - dia mengatakan kepadanya bahwa China tidak memiliki ruang untuk kompromi atau konsesi di Taiwan, pulau demokratis yang diklaim China sebagai miliknya dan didukung Washington.




TERBARU

[X]
×