kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah lima rahasia Jack Ma untuk menjadi setajir sekarang


Jumat, 16 Agustus 2019 / 14:30 WIB
Inilah lima rahasia Jack Ma untuk menjadi setajir sekarang
ILUSTRASI. Jack Ma


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Pimpinan tertinggi Alibaba Jack Ma sangat terkenal dengan ketekunannya. Dia sangat tekun meyakinkan China bahwa internet adalah bisnis nyata. Dari sana lahirlah Alibaba yang kemudian menjelma menjadi e-commerce raksasa dengan valuasi mencapai US$ 23 miliar pada 2016. 

Berikut adalah lima kunci tips sukses jangka panjang dari pendiri Alibaba:

1. Orang harus mempercayai Anda

Mulai dari karyawan hingga investor, setiap orang yang berdiri di sisi Anda, harus mempercayai Anda. Ma bilang, kepercayaan merupakan kunci utama dari kesuksesan Alibaba. "Kepercayaan yang membuat kita bersatu. Sekitar 18 investor mempercayai saya. Karena mereka mempercayai saya, saya harus loyal kepada mereka dan loyal terhadap misi yang kami miliki," jelasnya. 

Baca Juga: Hanya Butuh Empat Tahun, Bank Online Jack Ma Menjelma Jadi Raksasa

Ma bilang, kepercayaan terhadap dirinya dan misi perusahaan merupakan hal yang paling berharga yang bisa dia berikan. 

2. Lupakan kompetisi. Fokus pada konsumen Anda

Ma tidak terlalu mengkhawatirkan soal kompetisi Alibaba. Apapun yang Alibaba lakukan, lanjutnya, tergantung pada kebutuhan konsumen. Alasannya sederhana: untuk bertahan dalam jangka panjang, kepuasan konsumen harus berada di posisi teratas dari keputusan yang diambil. 

"Jika konsumen Anda bilang 'Jack, Anda harus membangun lebih banyak gudang', maka kami akan bangun gudang. Kita tidak melakukannya karena di sana ada uang, tapi karena kita membutuhkannya," urainya. 

Baca Juga: Alibaba rombak manajemen, CFO Wu akan awasi unit investasi strategis

Saat ditanyakan siapa yang menjadi pesaing Alibaba, Ma mengaku tidak tahu. "Sebagai pengusaha, jangan melihat tetangga Anda sebagai pesaing. Jangan fokus pikiran Anda kepada pesaing. Sebaiknya fokus pada konsumen. Membuat konsumen Anda bahagia merupakan hal yang paling penting," katanya. 




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×