kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah negara-negara terkorup dunia


Rabu, 25 Januari 2017 / 15:17 WIB
Inilah negara-negara terkorup dunia


Sumber: CNBC | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

NEW YORK. Siapa saja negara-negara terkorup dunia? Berdasarkan data review tahunan yang dirilis oleh Badan Transparansi Internasional, Somalia, Sudan Selatan, Korea Utara dan Suriah merupakan negara-negara dengan tingkat korupsi paling tinggi di dunia.

Somalia menduduki posisi teratas untuk kategori negara paling terkorup dunia dalam sepuluh tahun terakhir. Adapun nilainya mencapai 10 pada Indeks Persepsi Korupsi 2016 dari total 100.

Dalam laporan tersebut diuraikan, negara-negara dengan skor terendah lebih cenderung paling korupsi dan memiliki karakteristik umum penegakan hukum korupsi yang sangat rendah, pemerintahan yang amburadul, serta institusi yang lemah.

Posisi kedua ditempati oleh Sudan Selatan, yang dapat dikatakan negara baru karena mendapatkan kemerdekaannya dari Sudan sekitar enam tahun lalu. Adapun skornya adalah 11.

Sedangkan negara paling korup ketiga dunia adalah Korea Utara, disusul dengan Suriah.

Negara-negara di Timur Tengah paling banyak mengalami penurunan nilai pada indeks korupsi. Qatar, misalnya, mengalami penurunan sekitar 10 poin dari tahun sebelumnya terkait skandal keputusan FIFA untuk menyelenggarakan Piala Dunia 2022 di Qatar di tengah laporan kekerasan terhadap pekerja migran.

Badan Transparansi Internasional mengingatkan, akan ada banyak negara yang mengalami penurunan nilai dibanding yang naik dari tahun sebelumnya. "Hal ini akan menciptakan lingkaran tak berujung antara korupsi, distribusi kekuasaan yang tidak merata di masyarakat, dan distribusi kekayaan yang tidak merata," jelas laporan tersebut.

Di sisi lain, Hongaria dan Turki mencatatkan penurunan skor korupsi. Sedangkan Argentina juga menunjukkan perbaikan nilai.

Negara-negara Eropa merupakan negara yang menduduki peringkat teratas untuk kategori tingkat korupsi yang rendah. Denmark dan Selandia Baru menduduki posisi teratas negara paling bersih dari korupsi. Kemudian disusul Finlandia, Swedia, dan Swiss.

Singapura menjadi satu-satunya negara di Asia yang berhasil masuk ke peringkat top 10 untuk kategori negara terbersih dari aksi korupsi.

10 negara terbersih dari aksi korupsi dunia di antaranya:

1. Denmark
2. Selandia Baru
3. Finlandia
4. Swedia
5. Swiss
6. Norwegia
7. Singapura
8. Belanda
9. Kanada
10. Jerman

10 negara terkorup dunia, yaitu:

1. Somalia
2. Sudan Selatan
3. Korea Utara
4. Suriah
5. Yaman
6. Sudan
7. Libya
8. Afghanistan
9. Guinea-Bissau
10. Venezuela

   




TERBARU

[X]
×