kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45864,71   3,05   0.35%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah Varian Baru COVID-19 yang Tengah Menyebar di AS, Cek Gejalanya


Senin, 17 Juni 2024 / 09:11 WIB
Inilah Varian Baru COVID-19 yang Tengah Menyebar di AS, Cek Gejalanya
ILUSTRASI. Dalam beberapa minggu terakhir, varian baru COVID-19 yang disebut KP.3 mendominasi di Amerika Serikat. REUTERS/Pavel Mikheyev


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Dalam beberapa minggu terakhir, varian baru COVID-19 yang disebut KP.3 mendominasi di Amerika Serikat. 

KP.3 adalah bagian dari keluarga strain yang bermutasi dan dijuluki "FLiRT". Varian ini menyebabkan peningkatan proporsi kasus di seluruh AS. 

Dengan menyebarnya KP.3, beberapa pihak khawatir akan potensi gelombang penyebaran musim panas.

Melansir Today, menurut data terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, strain FLiRT – yang mencakup KP.3, KP.2, dan KP.1.1 – kini menyumbang lebih dari separuh infeksi COVID-19 secara nasional.

Varian baru ini, yang oleh para ilmuwan dijuluki “FLiRT” berdasarkan lokasi mutasi protein lonjakannya, telah beredar di AS sejak awal musim semi. 

Pada bulan April, KP.2 dengan cepat mengambil alih JN.1, subvarian omicron yang mendorong lonjakan kasus COVID pada musim dingin lalu.

Data CDC menunjukkan, dalam hitungan minggu, varian KP.3 mengambil alih KP.2 untuk menjadi varian yang paling umum di AS.

Selama periode dua minggu yang berakhir pada tanggal 8 Juni, KP.3 mencakup sekitar 25% kasus di AS, naik dari sekitar 9% pada awal Mei. 

Setelah KP.3, varian paling umum berikutnya adalah KP.2, varian FLiRT lainnya yang mendominasi pada bulan Mei dan kini menyumbang sekitar 22% kasus. Diikuti oleh LB.1, subvarian JN.1, dan varian FLiRT lainnya, KP.1.1.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Singapura Meningkat, Warga Diminta Waspada

Secara keseluruhan, varian FLiRT diperkirakan mencakup 55% kasus di AS.

Menurut data terbaru CDC, meskipun angka rawat inap menurun dan jumlah COVID-19 relatif rendah, terdapat sedikit peningkatan dalam hasil tes positif dan kunjungan ke ruang gawat darurat. 

Tren ini, bersama dengan gelombang musim panas sebelumnya, telah memicu kekhawatiran akan lonjakan infeksi pada musim panas ini.

Para ilmuwan memperingatkan bahwa varian FLiRT mungkin lebih baik dalam menghindari sistem kekebalan karena lonjakan mutasi proteinnya, dan berkurangnya kekebalan serta buruknya penggunaan vaksin COVID-19 terbaru telah menciptakan populasi yang lebih rentan.

Baca Juga: Ekonomi AS Lebih Unggul dari China




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×