kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45775,90   0,60   0.08%
  • EMAS934.000 0,32%
  • RD.SAHAM 0.24%
  • RD.CAMPURAN 0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Insiden panas, jet tempur Rusia cegat pesawat pengintai AS di Laut Mediterania


Rabu, 27 Mei 2020 / 10:22 WIB
Insiden panas, jet tempur Rusia cegat pesawat pengintai AS di Laut Mediterania
ILUSTRASI. Amerika Serikat (AS) menuduh jet Rusia melakukan pencegatan tidak aman terhadap pesawat pengintai P-8 milik Angkatan Laut AS.

Sumber: CNN | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Lagi, insiden terjadi antara militer Amerika Serikat (AS) dengan militer Rusia. Kali ini, Angkatan Laut AS menuduh jet Rusia melakukan pencegatan "tidak aman" terhadap pesawat pengintai P-8 milik Angkatan Laut AS ketika sedang terbang di wilayah udara internasional di atas Laut Mediterania.

"Dua pesawat Su-35 Rusia secara tidak sengaja mencegat sebuah pesawat patroli P-8A Poseidon yang ditugaskan ke Armada ke-6 AS di Laut Mediterania 26 Mei 2020," kata Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan, Selasa (26/5), seperti dikutip CNN.

Baca Juga: Putin ubah tanggal baru untuk parade militer Rusia

"Pencegatan itu dipastikan tidak aman dan tidak profesional karena pilot Rusia mengambil posisi dekat di setiap sayap P-8A secara bersamaan, membatasi kemampuan P-8A untuk melakukan manuver dengan aman, dan berlangsung total 64 menit," demikian pernyataan tersebut.

Gambar-gambar kejadian itu memperlihatkan jet-jet Rusia yang dipersenjatai dan terbang sangat dekat dengan sayap pesawat pengintai AS.

"Tindakan yang tidak perlu dari pilot Su-35 Rusia tidak konsisten dengan penerbangan yang baik dan aturan penerbangan internasional, dan membahayakan keselamatan penerbangan kedua pesawat," tulis Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan.

Penyadapan terbaru ini terjadi di tengah-tengah ketegangan dengan Rusia tentang berbagai masalah geopolitik, meskipun telah terjadi penurunan manuver semacam itu dalam beberapa tahun terakhir.

Para pejabat AS yakin Rusia sangat sensitif tentang pesawat pengintai AS yang beroperasi di Mediterania Timur karena operasi militer Rusia di Suriah.

Baca Juga: Militer AS tuding Rusia kirim pesawat tempur dukung tentara bayarannya di Libya




TERBARU

[X]
×