kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Insiden Serangan Drone di Kremlin Beri Putin Alasan Intensifkan Perang di Ukraina


Jumat, 05 Mei 2023 / 09:40 WIB
Insiden Serangan Drone di Kremlin Beri Putin Alasan Intensifkan Perang di Ukraina
ILUSTRASI. Russian President Vladimir Putin attends a meeting with members of the Security Council via a video link in Moscow, Russia, September 29, 2022. Sputnik/Gavriil Grigorov/Kremlin via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  LONDON. Dua drone yang terbang di atas tembok Kremlin, pusat kekuasaan Rusia, memicu teori yang saling bertentangan tentang siapa yang melakukannya dan mengapa. 

Namun, insiden tersebut menyoroti kerentanan pusat Moskow terhadap drone musuh, dan mendorong komentator untuk mempertanyakan kemanjuran pertahanan udara Rusia. 

Di dalam Rusia, insiden tersebut memperkuat narasi yang didukung Kremlin bahwa perangnya di Ukraina adalah perang eksistensial bagi negara dan rakyat Rusia. 

Baca Juga: Misterius, Kapal Selam Rusia Bersenjata Nuklir Tsunami Hilang dari Pelabuhan Arktik

Beberapa pengamat Kremlin percaya bahwa para spin doctor-nya mungkin mengharapkan efek reli-sekitar-bendera menjelang parade kemenangan tahunan Perang Dunia Kedua 9 Mei di Lapangan Merah Moskow.

Menurut versi Kremlin, dugaan serangan itu membidik Putin, bendera Rusia di atas gedung senat Kremlin, dan membayangi "Hari Kemenangan." 

Persatuan seperti itu - berpotensi didasarkan pada kombinasi kemarahan, ketakutan, dan patriotisme - dapat terbukti berguna pada saat Rusia bersiap untuk serangan balasan Ukraina yang telah lama ditunggu-tunggu yang diharapkan Kyiv akan melihatnya merebut kembali wilayahnya.

Setelah kantor Putin membingkai insiden drone sebagai upaya Ukraina pada kehidupan presiden, politisi dari seluruh spektrum politik Rusia menyerukan balas dendam dan agar Moskow menuntut "operasi militer khusus" di Ukraina dengan cara yang jauh lebih keras. 

Beberapa komentator yang berbasis di Barat mempertanyakan apakah Rusia memiliki pilihan yang tersisa untuk melakukan eskalasi, selain menggunakan senjata nuklir taktis di Ukraina - sebuah skenario yang bahkan belum didukung oleh banyak komentator nasionalis garis keras Rusia.

Baca Juga: Senjata Poseidon Kapal Selam Rusia Bisa Ciptakan Gelombang Setinggi 1.600 Kaki




Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×