kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Intelijen AS mengungkap asal-usul Covid-19 mungkin tidak akan pernah diketahui


Sabtu, 30 Oktober 2021 / 11:10 WIB
Intelijen AS mengungkap asal-usul Covid-19 mungkin tidak akan pernah diketahui
ILUSTRASI. Warga memakai kostum ditengah pandemi virus corona (COVID-19), di Kota New York, Amerika Serikat. REUTERS/Eduardo Munoz


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Badan-badan intelijen Amerika Serika mengatakan, mereka mungkin tidak akan pernah dapat mengidentifikasi asal-usul Covid-19, ketika mereka merilis versi baru yang lebih rinci dari tinjauan mereka tentang apakah virus corona berasal dari hewan ke hewan. transmisi manusia atau bocor dari laboratorium.

Mengutip Reuters, Sabtu (30/10), Kantor Direktur Intelijen Nasional AS (ODNI) mengatakan dalam laporan yang tidak diklasifikasikan bahwa asal alami dan kebocoran laboratorium adalah hipotesis yang masuk akal tentang bagaimana SARS-COV-2 pertama kali menginfeksi manusia. 

Tetapi para analis tidak setuju mana yang lebih mungkin atau apakah penilaian definitif dapat dibuat sama sekali.

Laporan itu juga menolak anggapan bahwa virus corona berasal dari senjata biologis, dengan mengatakan para pendukung teori ini "tidak memiliki akses langsung ke Institut Virologi Wuhan" dan telah dituduh menyebarkan disinformasi.

Laporan yang dikeluarkan pada hari Jumat adalah pembaruan dari tinjauan 90 hari yang dirilis oleh pemerintahan Presiden Joe Biden pada bulan Agustus, di tengah pertikaian politik yang intens tentang seberapa banyak yang harus disalahkan China atas dampak pandemi global daripada pemerintah yang mungkin tidak bergerak cukup cepat. untuk melindungi warga.

China menanggapi pada hari Jumat dengan mengkritik laporan tersebut.

Baca Juga: Laporan Covid-19 mingguan WHO: Kasus baru turun 4%, kematian turun 2%

"Langkah AS yang mengandalkan aparat intelijennya alih-alih ilmuwan untuk melacak asal-usul COVID-19 adalah lelucon politik yang lengkap," Liu Pengyu, juru bicara kedutaan besar China di Washington, mengatakan dalam sebuah pernyataan melalui email.

"... Itu hanya akan merusak studi asal-usul berbasis sains dan menghambat upaya global untuk menemukan sumber virus," kata pernyataan itu.

Mantan Presiden Partai Republik Donald Trump - yang kalah dalam pemilihannya kembali ketika pandemi mematikan menghancurkan ekonomi AS - dan banyak pendukungnya menyebut Covid-19 sebagai "virus China."

Beberapa agen mata-mata AS sangat menyukai penjelasan bahwa virus itu berasal dari alam. Tetapi hanya ada sedikit konfirmasi dan selama beberapa bulan terakhir virus telah menyebar secara luas dan alami di antara hewan liar.

Laporan ODNI mengatakan empat agen mata-mata AS dan badan multi-lembaga memiliki keyakinan rendah bahwa Covid-19 berasal dari hewan yang terinfeksi atau virus terkait.

Tetapi satu agensi mengatakan memiliki "keyakinan sedang" bahwa infeksi COVID-19 manusia pertama kemungkinan besar adalah hasil dari kecelakaan laboratorium, mungkin melibatkan eksperimen atau penanganan hewan oleh Institut Virologi Wuhan.

Agen mata-mata AS percaya bahwa mereka tidak akan dapat menghasilkan penjelasan yang lebih pasti tentang asal usul COVID-19 tanpa informasi baru yang menunjukkan bahwa virus tersebut mengambil jalur khusus dari hewan ke manusia atau bahwa laboratorium Wuhan menangani virus atau virus terkait. sebelum COVID-19 muncul.

Laporan itu mengatakan badan-badan AS dan komunitas ilmiah global tidak memiliki sampel klinis atau pemahaman lengkap tentang data epidemiologis dari kasus Covid-19 paling awal dan mengatakan mereka dapat meninjau kembali temuan yang tidak meyakinkan ini jika lebih banyak bukti muncul.

China telah menghadapi kritik internasional karena gagal bekerja sama lebih penuh dalam penyelidikan asal-usul Covid.

Pernyataan kedutaan juga menepis kritik itu.

"Kami telah mendukung upaya berbasis sains pada penelusuran asal-usul, dan akan terus terlibat secara aktif. Karena itu, kami dengan tegas menentang upaya untuk mempolitisasi masalah ini," katanya.

Selanjutnya: China: Kami menolak manipulasi politik dari penyelidikan baru WHO




TERBARU

[X]
×