kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Invasi Hari ke-13, Rusia Lakukan Gencatan Senjata di 4 Kota Ukraina


Selasa, 08 Maret 2022 / 12:49 WIB
Invasi Hari ke-13, Rusia Lakukan Gencatan Senjata di 4 Kota Ukraina
ILUSTRASI. Warga menunggu di luar pusat akomodasi sementara setelah menyelamatkan diri dari invasi Rusia di Ukraina, di Korczowa, Polandia, Kamis (3/3/2022). REUTERS/Yara Nardi.


Sumber: Al Jazeera,Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - PBB. Rusia akan melakukan gencatan senjata pada Selasa (8/3) pukul 10 pagi waktu Moskow dan membuka koridor kemanusiaan untuk mengevakuasi warga di empat kota Ukraina.

Duta Besar Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia mengatakan, negaranya akan melakukan gencatan senjata pada Selasa (8/3) pukul 10 pagi waktu Moskow dan membuka koridor kemanusiaan untuk mengevakuasi warga dari Kyiv, Chernigov, Sumy, dan Mariupol.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menolak proposal Rusia sebelumnya untuk mengevakuasi warga Ukraina ke dalam apa yang dia sebut sebagai "wilayah pendudukan" di Rusia dan Belarus.

“Proposal ini tidak memiliki tuntutan tentang warga yang dikirim ke Rusia, ke wilayah Rusia,” kata Nebenzia di akhir pertemuan Dewan Keamanan PBB, Senin (7/3) seperti dilansir Al Jazeera.

Baca Juga: Pasukan Ukraina Kembali Bunuh Jenderal Top Rusia di Dekat Kota Kharkiv

“Ada juga evakuasi yang ditawarkan ke kota-kota Ukraina di sebelah Barat Kyiv, dan pada akhirnya itu akan menjadi pilihan orang-orang itu sendiri ke mana mereka ingin dievakuasi,” imbuhnya.

Sementara menurut seorang pejabat senior pertahanan AS, Presiden Rusia Vladimir Putin kini telah mengerahkan ke Ukraina hampir 100% dari lebih dari 150.000 pasukan yang telah dia siapkan sebelum invasi.

"Itu perkiraan terbaik kami saat ini," kata pejabat itu kepada wartawan, yang berbicara dengan syarat anonim, seperti dikutip Reuters.

Tiga belas hari setelah memulai invasi ke Ukraina, pasukan Rusia sebagian besar terhenti di Utara Kyiv dan masih tidak mengendalikan langit di atas Ukraina, semakin mengandalkan serangan rudal dan artileri.

Pejabat itu menyebutkan, Rusia telah menembakkan lebih dari 625 rudal ke sasaran Ukraina.




TERBARU

[X]
×