Investasi lukisan ini sangat menguntungkan, beli US$ 30, kini bernilai US$ 50 juta

Rabu, 24 November 2021 | 08:30 WIB Sumber: Kompas.com
Investasi lukisan ini sangat menguntungkan, beli US$ 30, kini bernilai US$ 50 juta

ILUSTRASI. lukisan AD karya Albrecht Duerer 2. Investasi lukisan ini sangat menguntungkan, beli US$ 30, kini bernilai US$ 50 juta


KONTAN.CO.ID - London. Investasi barang seni seperti lukisan bisa mendatangkan keuntungan berlipat ganda. Salah satunya adalah pemilik lukisan berjudul A.D, yang kini harganya dibanderol US$ 50 juta atau Rp 713 miliar.

Pemilik lukisan itu adalah seorang pria di Massachusetts. Empat tahun lalu, ia membeli lukisan seharga US$ 30 dollar atau sekitar Rp 428.000. Kini, harga lukisan tersebut mencapai US$ 50 juta atau Rp 713 miliar.

Lukisan itu bergambar seorang perempuan dan anak berjudul "A.D.". Lukisan tersebut dibelinya dalam sebuah pameran. "Karya seni lama yang dibuat dengan luar biasa," kenang pria itu dikutip dari Artnet News, Jumat (19/11/2021).

Ternyata, lukisan itu sekarang bernilai hingga US$ 50 juta. Setidaknya itulah harga lukisan yang diajukan oleh Galeri Agnews di London.

Agnews meyakini "A.D." adalah karya seni master Renaisans Jerman, Albrecht Duerer. Galeri seni tersebut memiliki alasan tersendiri untuk menganggapnya sebagai karya asli Duerer.

Setelah analisis, Christof Metzger selaku kepala kurator di Museum Albertina di Wina, menyatakan karya itu asli. Kemudian, Giulia Bartrum mantan kurator German Prints and Drawings di The British Museum, juga percaya bahwa lukisan itu asli.

Baca juga: Harta karun peninggalan bangsa Romawi ditemukan di Turki, ini isinya

Kedua ahli tersebut menduga karya itu dibuat sekitar tahun 1503 sebagai studi pendahuluan untuk lukisan cat air terkenal Duerer, The Virgin with a Multitude of Animals, yang selesai kira-kira tiga tahun kemudian.

Bagi pemiliknya, yang ingin tetap anonim, jalan untuk memeriksa keaslian lukisan "A.D." tidaklah mudah. Setelah membelinya pada 2017, ia membawanya ke beberapa ahli untuk otentikasi atau penjualan tetapi selalu ditolak, menurut Agnews.

Baru setelah pemiliknya terhubung secara kebetulan dengan Clifford Schorer, kolektor yang berbasis di Boston, karya seni itu dipertimbangkan secara serius. Schorer membawa lukisan itu ke Agnews - dia adalah pemegang saham di sana - yang kemudian membawanya ke Metzger dan pakar-pakar lainnya.

Pakar kertas, misalnya, mengonfirmasi usia material dan menemukan tanda air Trident and Ring sebagai tanda tangan Duerer. Banyak hal lain juga ditemukan tentang lukisan "A.D.".

Seorang arsitek yang tinggal di luar Boston mewarisi gambar itu sebagai warisan keluarga, dan kemungkinan besar dibeli di Paris oleh kakeknya pada 1919. Arsitek tersebut meninggal tahun 2012.

Galeri Agnews London belum menetapkan harga spesifik untuk karya tersebut, yang disebut The Virgin and Child with a Flower on a Grassy Bank, menurut Art Newspaper, tetapi Schorer menduga nilainya bisa mencapai 50 juta dollar AS.

Menurut juru bicara Agnews, galeri memiliki "perjanjian konsinyasi standar" dengan pemilik lukisan dan akan "dikompensasikan selama tiga hingga empat tahun penelitian" yang diperlukan untuk mengotentikasinya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Untung Besar, Pria Ini Beli Lukisan Rp 428.000, Sekarang Harganya Rp 713 Miliar",


Penulis : Aditya Jaya Iswara
Editor : Aditya Jaya Iswara

 

Selanjutnya: Asosiasi Blockchain beri apresiasi peluncuran NFT lukisan bersejarah Wali Songo

 

Editor: Adi Wikanto

Terbaru