kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ISIS tunjukkan eksistensi di Afghanistan, mereka lakukan teror ini


Senin, 03 Agustus 2020 / 15:16 WIB
ISIS tunjukkan eksistensi di Afghanistan, mereka lakukan teror ini
ILUSTRASI. milisi ISIS menyerang kompleks penjara di Nanghagar, Afghanistan


Reporter: kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jalabalad. ISIS sudah dihancurkan pasukan gabungan beberapa tahun lalu. Namun anggota ISIS masih terus melanjutkan aksi teror di Afghanistan.

Milisi anggota ISIS menyerang sebuah kompleks penjara di , Provinsi Nangarhar, Afghanistan pada Minggu (2/8/2020) malam. Serangan tersebut membuat banyak tahanan yang melarikan diri sebagaimana dilansir dari Reuters, Senin (3/8/2020).

Baca juga: Toyota recall mobil 6 jenis kendaraan ini karena fuel pump, berikut daftarnya

Serangan itu dimulai pada Minggu malam dengan bom mobil yang meledak di pintu masuk penjara. Setelah itu milisi ISIS menembaki penjaga keamanan penjara. Mereka juga menembak secara membabi buta di luar kompleks penjara.

Pihak kepolisian langsung diterjunkan untuk menangani milisi ISIS tersebut. Jual beli tembakan tidak tehindari. Tak cukup sampai di situ, pasukan khusus Afghanistan juga diterjunkan untuk mengatasi serangan milisi ISIS tersebut.

Pejabat Provinsi Nangarhar mengatakan sedikitnya lima warga sipil tewas dan sekitar 40 lainnya cedera selama serangan awal sebelum pasukan khusus diterjunkan. Para pejabat menambahkan lebih dari 75 tahanan melarikan diri akibat kekacauan itu.

Perhatian polisi akhirnya terpecah, sebagian ditugaskan untuk menangkap tahanan yang kabur. ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu. Baku tembak masih berlangsung hingga Senin pagi.

Sebelum serangan tersebut, agen intelijen Afghanistan mengatakan pasukan khusus Afghanistan telah membunuh seorang komandan senior ISIS di dekat Jalalabad. Jalalabad terletak sekitar 130 dari Kabul, Ibu Kota Afghanistan.

Baca juga: Ilmuwan Inggris temukan cara baru percepat penyembuhan virus corona, ini caranya

Sebuah laporan PBB bulan lalu memperkirakan ada sekitar 2.200 anggota ISIS di Afghanistan. Meski wilayah teritorial ISIS sudah dilucuti dan para pemimpinnya sudah dihabisi, kelompok itu masih mampu melakukan serangan-serangan yang mematikan.

(Danur Lambang Pristiandaru)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "ISIS Mengebom dan Serang Penjara di Afghanistan, Tahanan Kabur Massal",




TERBARU

[X]
×