kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45789,82   1,25   0.16%
  • EMAS1.008.000 0,10%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.10%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Israel rudal Suriah, ini akibatnya


Selasa, 21 Juli 2020 / 15:56 WIB
Israel rudal Suriah, ini akibatnya
ILUSTRASI. Rudal Israel terbang hancur di atas langit Suriah IMAGES OF THE DAY

Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Damaskus. Perang di Suriah belum juga berakhir. Sistem pertahanan udara Suriah dilaporkan telah mencegat apa yang mereka klaim sebagai "agresi" baru Israel di atas ibu kota Damaskus. Suriah mengatakan rudal Israel telah terbang di atas Dataran Tinggi Golan Suriah lalu meledak di langit Damaskus.

Menurut sumber intelijen Barat, serangan tersebut adalah salah satu dari serentetan serangan Israel terhadap target yang didukung Iran di Suriah. Sejumlah pangkalan di timur, tengah, dan selatan Suriah beberapa bulan ini diserang oleh Israel.

Baca juga: Perang dagang Amerika Serikat dengan China bakal memanas lagi, ini penyebabnya

Intelijen mengatakan lokasi serangan Israel tersebut diyakini terdapat basis milisi yang didukung Iran sebagaimana dilansir dari Middle East Monitor, Senin, (21/7/2020). Suriah tidak pernah secara terbuka mengakui bahwa serangan itu menargetkan aset Iran di negara di negara tersebut.

Sumber-sumber intelijen Barat mengatakan serangan Israel terhadap Suriah adalah bagian dari perang bayangan yang direstui oleh Amerika Serikat (AS). Serangan tersebut juga merupakan bagian dari kebijakan anti-Iran yang dilancarkan Israel.

Kebijakan anti-Iran yang dilancarkan selama dua tahun belakangan dianggap cukup berhasil karena tidak memicu pertempuran terbuka yang luas.   Israel mengakui telah melakukan banyak serangan di dalam wilayah Suriah sejak negara tersebut mengalami perang saudara pada 2011.

Baca juga: Gadis Swedia 17 tahun dapat hadiah Rp 17 miliar, ia donasikan semua ke lembaga ini

Pejabat pertahanan Israel mengatakan dalam beberapa bulan terakhir Israel akan meningkatkan kampanye melawan Iran di Suriah. Israel menuding Iran telah memperluas kehadirannya dan pengaruhnya melalui proksi milisinya di Suriah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Suriah Cegat Rudal Israel lalu Meledak di Langit Damaskus",

Penulis : Danur Lambang Pristiandaru
Editor : Danur Lambang Pristiandaru



TERBARU

[X]
×