kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.444.000   1.000   0,07%
  • USD/IDR 15.340   65,00   0,42%
  • IDX 7.832   19,65   0,25%
  • KOMPAS100 1.193   8,54   0,72%
  • LQ45 967   7,57   0,79%
  • ISSI 228   1,17   0,52%
  • IDX30 493   4,42   0,90%
  • IDXHIDIV20 594   3,60   0,61%
  • IDX80 136   1,13   0,84%
  • IDXV30 139   0,76   0,55%
  • IDXQ30 165   1,38   0,84%

Israel Setuju Melanjutkan Perundingan Gencatan Senjata di Gaza Minggu Depan


Jumat, 09 Agustus 2024 / 16:12 WIB
Israel Setuju Melanjutkan Perundingan Gencatan Senjata di Gaza Minggu Depan
ILUSTRASI. Israel telah menyetujui untuk melanjutkan pembicaraan gencatan senjata Gaza pada tanggal 15 Agustus.Ariel Schalit/Pool via REUTERS


Sumber: Arab News | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JALUR GAZA. Israel telah menyetujui untuk melanjutkan pembicaraan gencatan senjata di Gaza pada tanggal 15 Agustus, atas permintaan mediator dari AS, Qatar, dan Mesir, menurut pernyataan dari kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pada Kamis, di tengah meningkatnya ketegangan regional akibat perang.

Badan pertahanan sipil yang dikelola oleh Hamas di Gaza menyatakan bahwa serangan udara Israel pada Kamis menewaskan lebih dari 18 orang dalam serangan terhadap dua sekolah, sementara Iran menuduh Israel ingin menyebarkan perang di Timur Tengah.

Setelah jeda selama seminggu pada bulan November, para mediator dari AS, Qatar, dan Mesir berusaha untuk mengamankan gencatan senjata kedua dalam perang yang telah berlangsung selama 10 bulan, yang dipicu oleh serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober ke Israel.

Dalam pernyataan bersama pada Kamis, para pemimpin dari ketiga negara tersebut mengundang pihak-pihak yang berkonflik untuk melanjutkan pembicaraan pada tanggal 15 Agustus di Doha atau Kairo untuk menutup semua celah yang tersisa dan memulai implementasi kesepakatan tanpa penundaan lebih lanjut.

Baca Juga: AS, Qatar, dan Mesir Dorong Perundingan Mendesak Israel-Hamas pada 15 Agustus 2024

Sebuah kesepakatan kerangka kerja kini telah ada di meja, dengan hanya detail implementasi yang perlu diselesaikan, dan para mediator siap untuk mempresentasikan usulan penengah final guna menyelesaikan isu-isu yang tersisa, menurut mereka.

Kantor Netanyahu mengatakan pada Kamis malam bahwa Israel akan mengirim tim negosiasi pada tanggal 15 Agustus ke tempat yang disepakati untuk menyelesaikan detail implementasi kesepakatan.

Prospek penghentian permusuhan, yang juga melibatkan pembebasan sandera yang ditahan di Gaza dan peningkatan pengiriman bantuan, berfokus pada kesepakatan bertahap yang dimulai dengan gencatan senjata awal.

Diskusi terbaru telah berfokus pada kerangka kerja yang diusulkan oleh Presiden AS Joe Biden pada akhir Mei, yang menurutnya telah diusulkan oleh Israel.

“Kesepakatan ini belum akan siap untuk ditandatangani pada Kamis. Masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan,” kata seorang pejabat senior pemerintahan Biden mengenai pembicaraan tersebut, setelah panggilan telepon antara Biden dan para pemimpin Mesir dan Qatar minggu ini.

Israel telah “sangat terbuka” terhadap gagasan pembicaraan ini, kata pejabat tersebut kepada wartawan dengan syarat anonim, menolak anggapan bahwa Netanyahu sedang menunda kesepakatan.

Pengumuman pembicaraan ini muncul setelah Hamas menunjuk Yahya Sinwar yang diduga menjadi dalang serangan pada 7 Oktober sebagai pemimpin barunya, memicu kekhawatiran bahwa negosiasi yang berlarut-larut ini akan menjadi semakin sulit.

Di lapangan, badan pertahanan sipil yang dikelola oleh Hamas di Gaza mengatakan bahwa serangan Israel mengenai sekolah Al-Zahra dan Abdel Fattah Hamoud di Kota Gaza, menewaskan lebih dari 18 orang.

Pejabat senior badan tersebut, Mohammad Al-Mughayyir, mengatakan 60 orang terluka dan lebih dari 40 masih hilang.

“Ini adalah serangan langsung terhadap sekolah-sekolah dan fasilitas sipil yang aman di Jalur Gaza,” katanya.

Baca Juga: Netanyahu Menyesal Serangan 7 Oktober Terjadi

Militer Israel mengatakan bahwa sekolah-sekolah tersebut dijadikan pusat komando oleh Hamas.

Sedikitnya 13 orang tewas di tempat lain di Gaza, menurut penyelamat dan petugas medis, sementara militer Israel mengeluarkan perintah evakuasi terbaru untuk sebagian wilayah kota besar di selatan, Khan Yunis.

Para diplomat terus berupaya meredakan ketegangan di wilayah tersebut, yang telah meningkat drastis setelah pembunuhan dua pemimpin militan dalam serangan yang dituduhkan pada Israel, yang oleh para militan dan pendukung mereka di Iran telah berjanji untuk membalas.

Menteri Luar Negeri Iran sementara, Ali Bagheri, mengatakan kepada AFP bahwa Israel telah melakukan “kesalahan strategis” dengan membunuh pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh, di Teheran minggu lalu beberapa jam setelah pembunuhan terhadap kepala militer Hezbollah di Beirut.

Meskipun Israel belum mengakui bertanggung jawab atas kematian Haniyeh, Iran dan sekutunya telah bersumpah untuk membalas.

Israel, menurut Bagheri, berusaha “memperluas ketegangan, perang, dan konflik ke negara-negara lain,” tetapi tidak memiliki “kapasitas maupun kekuatan” untuk melawan Iran.

Netanyahu, dalam pidatonya di sebuah pangkalan militer pada Rabu, mengatakan bahwa Israel “siap baik secara defensif maupun ofensif” dan “bertekad” untuk membela diri.

Pejabat di Timur Tengah dan di luar wilayah tersebut telah menyerukan ketenangan, dengan Menteri Pembangunan Internasional Inggris, Anneliese Dodds, mengatakan kepada AFP dalam kunjungan ke Yordania: “Kami harus melihat adanya de-eskalasi.”

Amerika Serikat, yang telah mengirim kapal perang dan pesawat tambahan ke wilayah tersebut, telah mendesak baik Iran maupun Israel untuk menghindari peningkatan ketegangan.

Presiden Prancis Emmanuel Macron berbicara pada hari Rabu dengan rekannya dari Iran, Masoud Pezeshkian, dan kemudian dengan Netanyahu dari Israel, meminta keduanya untuk “menghindari siklus balas dendam,” menurut pernyataan kepresidenan Prancis.

Perang Israel-Hamas di Jalur Gaza telah menarik militan yang berafiliasi dengan Teheran di Suriah, Lebanon, Irak, dan Yaman.

Sekutu Hamas di Lebanon, Hezbollah, yang telah sering terlibat baku tembak dengan pasukan Israel sepanjang perang Gaza, telah bersumpah untuk membalas atas pembunuhan kepala militer mereka, Fuad Shukr.

Baca Juga: Israel Bersumpah Bakal "Menghabisi" Pemimpin Baru Hamas

Serangan Hamas yang belum pernah terjadi sebelumnya pada 7 Oktober, yang memicu perang di Gaza, menyebabkan kematian 1.198 orang, sebagian besar warga sipil, menurut hitungan AFP berdasarkan angka resmi dari Israel.

Militan Palestina menangkap 251 sandera, 111 di antaranya masih ditahan di Gaza, termasuk 39 yang menurut militer Israel telah tewas.

Serangan militer balasan Israel di Gaza telah menewaskan setidaknya 39.699 orang, menurut kementerian kesehatan wilayah yang dikelola Hamas, yang tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang jumlah warga sipil dan militan yang tewas.

Netanyahu, yang telah menolak untuk meminta maaf atas kegagalan keamanan dalam serangan terburuk yang pernah dialami Israel, mengatakan dalam wawancara yang diterbitkan Kamis bahwa ia “sangat menyesal bahwa hal seperti ini terjadi.”

“Anda selalu melihat ke belakang dan berkata, 'Apakah kita bisa melakukan sesuatu untuk mencegahnya?'” ujar Netanyahu kepada majalah Time.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×