kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Italia akan bailout tiga bank kecil € 3,7 miliar


Sabtu, 31 Desember 2016 / 16:51 WIB
Italia akan bailout tiga bank kecil € 3,7 miliar


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Yudho Winarto

MILAN. Bukan cuma Monte dei Paschi di Siena, Pemerintah Italia juga akan menyediakan dana bailout untuk tiga bank skala kecil yang bermasalah. Dana talangan yang dipersiapkan mencapai dua per tiga dari total pinjaman bermasalah di tiga bank itu atau senilai € 3,7 miliar atau setara US$ 4 miliar.

Adapun tiga bank yang akan mendapatkan bailout tersebut adalah Banca Etruria, Banca Marche, dan CariChieti. Pasca bailout, ketiga bank tersebut akan dibeli oleh UBI, bank terbesar kelima di Italia.

Sumber Reuters mengatakan, Atlante, sebuah lembaga yang didirikan untuk membantu penyelamatan bank di Italia bakal membuat tawaran untuk memperbaiki kredit bermasalah tiga bank tersebut agar jadi lebih baik. Sumber itu menambahkan, para anggota dewan akan bertemu pada Jumat untuk membahas soal ini.

Pada November 2015 silam, Italia juga menyelamatkan tiga bank kecil. UBI menyatakan minat untuk membeli tiga bank kecil tetapi sedang mengatur kondisi keuangan untuk membantu bank tersebut. Mereka juga sedang memilih model dengan risiko yang rendah.

Atlante berharap melakukan penjualan saham untuk meningkatkan rasio modal tiga bank itu. Setelah semua kondisi terpenuhi, UBI akan meluncur sendiri untuk memastikan modal inti tidak terpangkas usai akuisisi.

Penjualan kepada UBI tidak mungkin selesai akhir tahun ini. "Masih ada masalah hukum yang harus dicarikan jalan keluar sehingga tanda tangan dengan UBI bisa diselesaikan saat liburan (sekitar tanggal 6 Januari)," ujar sumber tersebut.

Dewan direksi UBI menolak berkomentar mengenai masalah ini. Penjualan tiga bank kecil tersebut diperkirakan kelar Maret 2017. Batas waktu ini telah diperpanjang dua kali dari yang ditetapkan yakni April 2016. Masalah perbankan Italia terus meningkat.

Sebelumnya, Italia menyelamatkan bank Monte dei Paschi di Siena yang membutuhkan dana € 8,8 miliar atau setara dengan US$ 9,2 miliar. Jumlah itu membengkak dari perkiraan awal € 5 miliar.

Kebutuhan dana bagi bank itu akan membengkak di 2017. Karena itu, Monte dei Paschi akan menerbitkan obligasi di tahun depan senilai € 15 miliar. Dana tersebut untuk membantu likuiditas dan meningkatkan kepercayaan para investor.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×