kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jepang Berhasil Meluncurkan Roket H3 Baru ke Orbitnya


Sabtu, 17 Februari 2024 / 11:00 WIB
Jepang Berhasil Meluncurkan Roket H3 Baru ke Orbitnya
ILUSTRASI. Badan antariksa Jepang berhasil meluncurkan model uji kedua roket andalan barunya H3 pada Sabtu (17/2). Kyodo/via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Badan antariksa Jepang berhasil meluncurkan model uji kedua roket andalan barunya H3 pada Sabtu (17/2), sebagai dorongan bagi program luar angkasanya setelah peluncuran perdana tahun lalu gagal.

Mengutip Reuters, Sabtu (17/2), peluncuran ini semakin memperkuat kredibilitas luar angkasa negara tersebut, menyusul pendaratan bersejarah pesawat ruang angkasa SLIM Jepang pada bulan lalu.

Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang (JAXA) dan kontraktor utama Mitsubishi Heavy Industries telah merancang H3 untuk menggantikan H-IIA yang telah berumur dua dekade, dengan harapan bahwa biaya yang lebih rendah dan kapasitas muatan yang lebih besar akan membantu mereka memenangkan pesanan peluncuran dari klien global.

Baca Juga: Informasi Diplomatik Rahasia Jepang Bocor Akibat Serangan Siber dari China Tahun 2020

Dalam siaran langsung peluncuran tersebut di Tanegashima Space Center, JAXA mengatakan, H3 berhasil lepas landas pada pukul 09:22 waktu Tokyo (0022 GMT) dan berada di jalur dengan mesinnya bekerja dengan baik.

Roket tersebut telah melepaskan satu mikro-satelit, akan melepaskan satelit lainnya, dan kemudian sekitar dua jam setelah lepas landas akan melepaskan satelit tiruan.

Penerbangan pertama H3 pada bulan Maret berakhir dengan kontrol darat menghancurkan roket 14 menit setelah lepas landas karena mesin tahap kedua gagal menyala. 

JAXA mencantumkan tiga kemungkinan gangguan listrik dalam tinjauan yang dirilis pada bulan Oktober tetapi tidak dapat mengidentifikasi penyebab langsungnya. Kegagalan tersebut menyebabkan tertundanya rencana eksplorasi satelit dan planet di negara tersebut.

JAXA akan mengadakan konferensi pers hari ini.

H3 dengan panjang 63 m (297 kaki) dirancang untuk membawa muatan 6,5 metrik ton ke luar angkasa dan mengurangi biaya per peluncuran hingga lima miliar yen (US$ 33 juta) dengan mengadopsi struktur yang lebih sederhana dan elektronik kelas otomotif. 

Baca Juga: Upaya Jepang Mendaratkan Pesawat Ruang Angkasa di Bulan Secara Presisi

Sebagai perbandingan, H-IIA menelan biaya sekitar 10 miliar yen per peluncuran.

Pemerintah berencana untuk meluncurkan sekitar 20 satelit dan wahana dengan roket H3 pada tahun 2030. H3 dijadwalkan untuk mengirimkan penjelajah bulan untuk proyek gabungan LUPEX Jepang-India pada tahun 2025 serta pesawat ruang angkasa kargo untuk program eksplorasi bulan Artemis yang dipimpin oleh AS pada tahun 2025. masa depan.

Permintaan peluncuran satelit meroket berkat munculnya kendaraan komersial yang terjangkau seperti Falcon 9 milik SpaceX yang dapat digunakan kembali dan sejumlah roket baru yang sedang diuji tahun ini.

Bulan lalu menandai keberhasilan penerbangan perdana roket Vulcan milik United Launch Alliance, yang merupakan perusahaan patungan antara Boeing dan Lockheed Martin. 

Badan Antariksa Eropa juga berencana meluncurkan Ariane 6 berbiaya rendah untuk pertama kalinya tahun ini. ($1 = 150,2100 yen)




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×