kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi Terima Penghargaan Global Citizen Award 2022 Berkat Perannya di G20


Rabu, 21 September 2022 / 10:58 WIB
Jokowi Terima Penghargaan Global Citizen Award 2022 Berkat Perannya di G20
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo menerima penghargaan Global Citizen Awards 2022.


Sumber: Kemlu RI | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima penghargaan Global Citizen Award 2022 dari lembaga think tank Amerika Serikat, Atlantic Council pada hari Senin (19/9). Penghargaan ini diberikan atas perannya sebagai Presidensi G20.

Dalam sambutan melalui pesan video, Jokowi menyebut penghargaan ini didedikasikan untuk seluruh rakyat Indonesia. 

Sambutan ini disaksikan oleh sekitar 600 hadirin, yang terdiri dari tokoh-tokoh kalangan usaha dan masyarakat sipil AS dan internasional serta wakil Pemerintah negara-negara sahabat.

​Atlantic Council menjelaskan bahwa Jokowi memperoleh penganugerahan atas kepemimpinannya sebagai Presidensi G20, terutama dalam menjembatani dampak perang di Ukraina dan dukungan luas untuk memajukan pemenuhan hak asasi manusia, demokrasi dan arsitektur kesehatan global yang lebih baik.

Baca Juga: Lima Kesepakatan G20 Soal Ketenagakerjaan

Klaus Schwab, Kepala Eksekutif Forum Ekonomi Dunia (WEF), mengatakan bahwa presidensi Indonesia di G20 terjadi ketika dunia dihadapkan oleh tantangan multidimensi. Menurut Schwab, Jokowi mampu memainkan peran yang baik dalam mempromosikan perdamaian.

"Presiden Jokowi bukan hanya pemimpin rakyat Indonesia, tapi pemimpin yang memiliki visi global, mempromosikan perdamaian dan kemakmuran dunia," kata Schwab, seperti dikutip Kementerian Luar Negeri RI hari Selasa (20/9).

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi hadir mewakili Jokowi dalam menerima penghargaan. Retno saat ini sedang disibukkan dengan Sidang Majelis Umum PBB ke-77 di New York.

Baca Juga: Indonesia dan Sudan Selatan Resmikan Hubungan Diplomatik

Menurut Retno, Jokowi adalah perwujudan dari semangat Indonesia untuk mewujudkan persatuan di level global.

"Presiden Joko Widodo adalah perwujudan dari semangat yang Indonesia ingin proyeksikan kepada dunia, yaitu paradigma kolaborasi, pembangun jembatan (bridge-builder) dan menjadi bagian dari solusi," kata Retno dalam sambutannya.

Acara penganugerahan Global Citizen Award merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Atlantic Council di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York. Penghargaan diberikan bagi para tokoh yang dipandang memberikan kontribusi nyata bagi dunia.

Selain Jokowi, penerima penghargaan Global Citizen Award tahun 2022 lainnya adalah Presiden Finlandia Sauli Niinisto, Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson,  CEO Google dan Alphabet Sundar Pichai, serta aktor dan Utusan Khusus UNESCO untuk Perdamaian dan Rekonsiliasi, Forest Whittaker.




TERBARU

[X]
×