Kaisar Jepang Dipastikan Menghadiri Upacara Pemakaman Ratu Elizabeth II

Rabu, 14 September 2022 | 12:01 WIB Sumber: NHK
Kaisar Jepang Dipastikan Menghadiri Upacara Pemakaman Ratu Elizabeth II

ILUSTRASI. Kaisar Jepang Naruhito berbicara selama konferensi pers di Istana Kekaisaran di Tokyo, Jepang, 21 Februari 2022.


KONTAN.CO.ID - TOKYO. Kaisar Naruhito dari Jepang dipastikan akan menghadiri upacara pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II di Inggris pada 19 September mendatang.

Dilansir dari NHK, kehadiran Kaisar Naruhito ini diumumkan secara langsung oleh Kepala Sekretaris Kabinet Matsuno Hirokazu pada Rabu (14/9). Kaisar Naruhito juga akan didampingi oleh Permaisuri Masako dalam kunjungannya tersebut.

Hirokazu mengatakan, Pemerintah Jepang meminta kehadiran mereka setelah menerima undangan dari keluarga Kerajaan Inggris.

Rencananya, pasangan Kekaisaran akan meninggalkan Jepang pada Sabtu (17/9) dan kembali Selasa (20/9).  Kunjungan tersebut akan diputuskan secara resmi pada rapat kabinet pada Jumat (18/9).

Ini juga akan menjadi kunjungan luar negeri pertama Kaisar Naruhito sejak naik tahta pada tahun 2019.

Baca Juga: Perjalanan Ratu Elizabeth II Hingga Menjadi Pemimpin Kerajaan Inggris

Hubungan Kekaisaran Jepang dan Kerajaan Inggris

Keluarga Kerajaan Jepang dan Inggris terkenal memiliki hubungan yang sangat baik selama beberapa dekade. 

Ratu Elizabeth II telah memelihara hubungan dekat dengan tiga Kaisar Jepang berturut-turut, yaitu Kaisar Hirohito, Kaisar Akihito, dan Kaisar Naruhito.

Pada 1953, Putra Mahkota Akihito juga hadir langsung dalam upacara penobatan Ratu Elizabeth II. Akihito hadir sebagai utusan dari Kaisar Hirohito yang masih berkuasa saat itu.

Sekian dekade berikutnya, pada 1975, Ratu Elizabeth II menjadi pemimpin Kerajaan Inggris pertama yang mengunjungi Jepang. Kehadiran ini praktis menunjukkan betapa dekatnya dua keluarga bangsawan tersebut.

Baca Juga: Kaisar Jepang Naruhito dan PM Kishida Berencana Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth

Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko bahkan pernah menghadiri jamuan makan siang di Kastil Windsor pada tahun 2012. Mereka hadir untuk merayakan 60 tahun kekuasaan Sang Ratu.

Di luar urusan kenegaraan, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip juga sempat mengunjungi pusat penyiaran NHK. Keduanya menyaksikan produksi drama sejarah, berdialog dengan para aktor, dan berfoto bersama.

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru