kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR13.960
  • EMAS705.000 1,15%
  • RD.SAHAM 0.53%
  • RD.CAMPURAN 0.27%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.13%

Kalah saing, Amazon tutup toko onlinenya di China


Kamis, 18 April 2019 / 16:35 WIB

Kalah saing, Amazon tutup toko onlinenya di China
ILUSTRASI. Logo Amazon

KONTAN.CO.ID - SAN FRANCISCO. Perusahaan e-commerce raksasa Amazon.com Inc menyatakan akan menutup toko onlinenya di kawasan China pada 18 Juli mendatang. 

Mengutip Reuters Kamis (18/4), langkah ini menggarisbawahi bagaimana persaingan e-commerce yang tumbuh di dalam negeri telah mempersulit pasar Amazon untuk mendapatkan daya tarik di China. Firma riset konsumen iResearch Global mengatakan pasar Tmall Alibaba Group Holding dan JD.com mengendalikan 82% pasar e-commerce China tahun lalu.


Seorang juru bicara Amazon mengatakan mereka memberi tahu penjual bahwa mereka tidak akan lagi mengoperasikan pasar, juga tidak menyediakan layanan penjualan di Amazon.cn.

Sumber yang mengetahui rencananya juga menyebut sebelumnya bahwa perusahaan telah merencanakan untuk mengambil langkah seperti itu.

"Kami bekerjasama dengan penjual kami untuk memastikan transisi yang lancar dan untuk terus memberikan pengalaman pelanggan sebaik mungkin. Penjual yang tertarik untuk terus menjual di Amazon di luar China dapat melakukannya melalui Amazon Global Selling," kata juru bicara itu dalam sebuah pernyataan.

Sumber mengatakan bahwa pembeli Amazon di Cina tidak akan lagi dapat membeli barang dari pedagang pihak ketiga di negara itu. Namun, mereka masih dapat memesan dari Amerika Serikat, Inggris, Jerman dan Jepang melalui toko global perusahaan.

Amazon akan mengurangi dukungan untuk pedagang penjualan domestik di China dalam 90 hari ke depan dan meninjau dampaknya pada pusat pemenuhannya di negara itu. Beberapa di antaranya mungkin akan tutup.

"Mereka mengundurkan diri karena tidak menguntungkan dan tidak tumbuh," kata analis Michael Pachter dari Wedbush Securities.

Ker Zheng, spesialis pemasaran di konsultan e-commerce yang berpusat di Shenzhen, Azoya, mengatakan Amazon tidak memiliki keunggulan kompetitif utama di China atas para pesaing domestiknya.

Kecuali seseorang mencari barang impor yang sangat spesifik yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. "Tidak ada alasan bagi konsumen untuk memilih Amazon karena mereka tidak akan dapat mengirimkan barang secepat Tmall atau JD," katanya .

Juru bicara Amazon mengatakan bahwa perusahaan akan terus berinvestasi dan tumbuh di Cina melalui Amazon Global Store, Global Selling, Kindle e-reader dan konten online. Amazon Web Services, unit komputasi awan perusahaan yang menjual penyimpanan data dan daya komputasi ke perusahaan masih akan beroperasi di China.

Saham Alibaba dan JD.com yang terdaftar di AS naik 1% pada hari Rabu setelah Reuters pertama kali melaporkan langkah tersebut, sebelum memangkas kenaikan di kemudian hari. Saham Amazon ditutup datar.

Alibaba pada Januari melaporkan pertumbuhan pendapatan kuartalan paling lambat sejak 2016, sementara JD.com merespons lingkungan bisnis yang berubah dengan pemangkasan staf.

Ini juga mengikuti retret e-commerce Cina dari pengecer besar-nama Barat lainnya. Walmart Inc menjual platform belanja online China-nya ke JD.com pada tahun 2016 dengan imbalan saham di JD.com untuk fokus pada toko batu bata dan mortirnya.

Demikian pula, negara ini tampaknya kurang mementingkan aspirasi global dari sesama jurusan teknologi AS Netflix Inc, Facebook Facebook dan Google Alphabet Inc. Google, kata Pachter Wedbush Securities.

Amazon membeli situs web belanja online Cina, Joyo.com pada 2004 dengan harga $ 75 juta, mengubah nama bisnis pada 2011 sebagai Amazon Cina. Tetapi sebagai tanda dominasi Tmall, Amazon membuka toko online di situs Alibaba pada 2015.

Amazon masih berkembang secara agresif di negara-negara lain, terutama India, di mana ia bersaing dengan pesaing lokal Flipkart.


Reporter: Maizal Walfajri
Editor: Herlina Kartika
Video Pilihan

Tag
TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Redaksi | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0015 || diagnostic_api_kanan = 0.0426 || diagnostic_web = 0.2608

Close [X]
×