Kalahkan Bolsonaro, Luiz Inacio Lula Kembali Jadi Presiden Brasil

Senin, 31 Oktober 2022 | 07:46 WIB Sumber: Reuters
Kalahkan Bolsonaro, Luiz Inacio Lula Kembali Jadi Presiden Brasil

ILUSTRASI. Luiz Inacio Lula da Silva kembali jadi presiden Brasil setelah mengalahkan Jair Bolsonaro


KONTAN.CO.ID - SAO PAULO. Calon presiden Brasil dari partai sayap kiri, Luiz Inacio Lula da Silva sukses mengalahkan Presiden Jair Bolsonaro dalam pemilihan presiden putaran kedua. Ini juga menandai kembalinya Lula secara menakjubkan dan berakhirnya pemerintahan sayap kanan Brasil dalam beberapa dasawarsa.

Minggu (30/10), Mahkamah Agung Pemilu Brasil mengumumkan, Lula memenangkan 50,9% suara dibandingkan dengan 49,1% untuk Bolsonaro. Dengan hasil ini, mantan presiden Lula keluar sebagai pemenang.

Pelantikan Lula, yang kini berusia 77 tahun dijadwalkan pada 1 Januari 2023 mendatang.

Pemungutan suara itu merupakan hantaman bagi populisme sayap kanan Bolsonaro yang berapi-api, yang muncul dari bangku belakang Kongres untuk membentuk koalisi konservatif baru tetapi kehilangan dukungan ketika Brasil mengalami salah satu korban tewas terburuk dari pandemi Covid-19.

Bolsonaro, yang kini berusia 67 tahun, yang selama bertahun-tahun membuat klaim tak berdasar bahwa sistem pemungutan suara Brasil rentan terhadap penipuan, awalnya tetap diam tentang hasil yang didapatkannya.

Baca Juga: Daftar 20 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia 2022, Indonesia Peringkat Berapa?

Otoritas pemilihan pun sudah bersiap jika Bolsonaro membantah hasil pemilu, kata sumber kepada Reuters, dan membuat persiapan keamanan jika pendukungnya melakukan protes.

"Demokrasi," tulis Lula di Twitter, di atas foto bendera Brasil di bawah tangan kirinya, jari kelingkingnya hilang, akibat kecelakaan yang dideritanya sebagai pekerja logam beberapa dekade lalu.

Lula pun disambut oleh para pendukung yang gembira pada rapat umum di Paulista Avenue Sao Paulo menjelang pidato yang direncanakan.

Wakil Presiden terpilih Geraldo Alckmin dan pembantu kampanye melompat-lompat meneriakkan, "Sudah waktunya Jair, sudah waktunya untuk pergi," dalam sebuah video yang beredar di media sosial.

Para pemimpin dari negara lainnya, seperti Presiden AS Joe Biden hingga Emmanuel Macron dari Prancis hingga Alberto Fernandez dari Argentina menyampaikan ucapan selamat kepada Lula atas kemenangannya itu.

Lula telah bersumpah untuk kembali ke pertumbuhan ekonomi yang didorong oleh negara dan kebijakan sosial yang membantu mengangkat jutaan orang keluar dari kemiskinan ketika dia sebelumnya menjadi presiden dari 2003 hingga 2010.

Dia juga berjanji untuk memerangi perusakan hutan hujan Amazon, yang sekarang mencapai puncaknya dalam 15 tahun, dan menjadikan Brasil pemimpin dalam pembicaraan iklim global.

Kemenangannya mengkonsolidasikan "pasang merah muda" baru di Amerika Latin, setelah kemenangan penting partai sayap kiri dalam pemilihan Kolombia dan Chili, menggemakan perubahan politik regional dua dekade lalu yang memperkenalkan Lula ke panggung dunia.

Baca Juga: Elon Musk Dikabarkan PHK Karyawan Twitter untuk Menghindari Pembayaran Hibah Saham

Sebagian seorang mantan pemimpin serikat yang lahir dalam kemiskinan, Lula mengorganisir pemogokan terhadap pemerintah militer Brasil pada 1970-an. Dua periode kepresidenannya ditandai oleh ledakan ekonomi yang didorong oleh komoditas dan dia meninggalkan kantor dengan rekor popularitas.

Namun, Partai Buruhnya kemudian dilanda resesi mendalam dan skandal korupsi yang memecahkan rekor yang memenjarakannya selama 19 bulan atas tuduhan suap, yang dibatalkan oleh Mahkamah Agung tahun lalu.

Dalam masa jabatan ketiganya, Lula akan menghadapi ekonomi yang lesu, keterbatasan anggaran yang lebih ketat, dan legislatif yang lebih bermusuhan. Sekutu Bolsonaro membentuk blok terbesar di Kongres setelah pemilihan umum bulan ini mengungkapkan kekuatan abadi koalisi konservatif-nya.

Bolsonaro telah berulang kali membuat klaim penipuan pemilu yang tidak berdasar dan tahun lalu secara terbuka membahas penolakan untuk menerima hasil pemungutan suara.

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru