kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kalahkan Hong Kong, Harga Rumah Pribadi di Singapura Termahal di Asia Pasifik


Sabtu, 03 Juni 2023 / 09:45 WIB
Kalahkan Hong Kong, Harga Rumah Pribadi di Singapura Termahal di Asia Pasifik


Sumber: CNBC | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Laporan terbaru Home Attainability Index dari Urban Land Institute (ULI) Asia Pacific Center for Housing menetapkan Singapura sebagai kota dengan harga rumah pribadi termahal se-Asia Pasifik. Dengan ini, Singapura pun menggeser Hong Kong yang sebelumnya ada di puncak daftar.

Melansir CNBC, data tersebut menunjukkan harga rata-rata rumah pribadi di Singapura adalah US$1,2 juta pada tahun 2022, lebih tinggi dari Hong Kong yang ada di angka US$1,16 juta.

Harga sewa rumah di Singapura pun sangat tinggi, tertinggi di Asia Pasifik. Biaya sewa bulanannya rata-rata menyentuh angka US$2.600, jauh melebihi kota-kota besar lain seperti Sydney, Melbourne, dan Hong Kong.

Laporan itu menggunakan statistik pemerintah dari 45 kota di sembilan pasar terbesar di Asia Pasifik. 

Baca Juga: Singapura Paling Diuntungkan Oleh Ekspor Pasir Laut RI

Mengalahkan Hong Kong

Penelitian ULI tersebut menunjukkan bahwa harga rumah di Hong Kong turun secara substansial pada tahun 2022. Kenaikan suku bunga hipotek yang signifikan disebut jadi faktor terbesar.

Hal itu terjadi karena pemerintah otonomi Hong Kong berusaha mengimbangi Federal Reserve AS.

Pada bulan Oktober 2022, harga rumah di Hong Kong anjlok ke level terendah dalam lima tahun karena kenaikan suku bunga mendorong biaya pinjaman.

Awal bulan ini, otoritas moneter Hong Kong menaikkan suku bunga dasar menjadi 5,5%, setelah bank sentral AS menaikkan suku bunga fed fund menjadi 5% hingga 5,25%.

Baca Juga: Mayoritas Bursa Asia Menguat Didukung Prospek Jeda Kenaikan Suku Bunga AS

Ditambah dengan banyak faktor ekonomi lain, harga rata-rata rumah Hong Kong akhirnya turun sebesar 8,7%, dari US%1,27 juta di tahun 2021 menjadi sekitar US$1.16 juta pada tahun 2022.

Sementara itu, harga rata-rata rumah pribadi di Singapura justru meningkat lebih dari 8% dalam setahun terakhir.

Bulan lalu Singapura menaikkan pajak untuk pembelian properti di tengah kekhawatiran bahwa lonjakan harga dapat melampaui fundamental ekonomi negara.

Di bawah aturan baru ini, pemerintah Singapura mengatakan pembeli properti perumahan lokal dan asing harus membayar pajak yang lebih tinggi, yang oleh penduduk lokal dikenal sebagai bea materai pembeli tambahan.

Meskipun begitu, laporan mengatakan bahwa rumah pribadi Hong Kong masih yang paling mahal jika dihitung per meter persegi. Harganya mencapai US$19.768 per meter persegi, lebih dari dua kali lipat harga rata-rata di Singapura, Shenzhen, dan Beijing.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×