kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kali ini di Laut Kuning, China kembali gelar latihan militer skala besar


Sabtu, 22 Agustus 2020 / 14:11 WIB
Kali ini di Laut Kuning, China kembali gelar latihan militer skala besar
ILUSTRASI. Kapal induk buatan dalam negeri pertama China berangkat dari pelabuhan untuk uji coba laut kesembilannya di Dalian, Provinsi Liaoning, China, 14 November 2019.


Sumber: Global Times | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) akan mengadakan latihan militer skala besar di Laut Kuning mulai Sabtu (22/8) hingga Rabu (25/8).

Mengutip Global Times, Unit 91208 PLA dan otoritas maritim China pada Jumat (21/8) mengeluarkan pemberitahuan pembatasan navigasi yang menyebutkan, latihan akan berlangsung di wilayah perairan yang luas di Timur Qingdao, Provinsi Shandong, hingga Lianyungang, Provinsi Jiangsu.

Dalam pemberitahuan tersebut, kapal lain dilarang memasuki area yang ditentukan. Hanya, pemberitahuan itu tidak memberikan perincian lebih lanjut tentang latihan militer.

Menurut Pemerintah Qingdao, Unit 91208 Angkatan Laut PLA sudah beberapa kali melakukan latihan serupa di daerah tersebut, termasuk pada September 2016, Juli 2017, dan Agustus 2017.

Baca Juga: AS kerahkan rudal di Asia Pasifik, China dan Rusia bakal ambil tindakan

Melihat area yang luas dan deskripsi "skala besar", Song Zhongping, ahli militer China, mengatakan kepada Global Times, latihan tersebut kemungkinan akan menampilkan latihan anti-kapal, pertahanan udara, dan anti-kapal selam. .

Latihan tersebut juga bisa menjadi latihan gabungan yang menampilkan beberapa cabang militer Tiongkok yang berbasis di berbagai wilayah negara, menurut Song.

Ini bisa berarti, Song menyebutkan, latihan militer tersebut berhubungan dengan latihan baru-baru ini di Selat Taiwan.

Terlebih, Amerika Serikat (AS) sering mengirimkan pesawat pengebom, pesawat pengintai, dan kapal perang di dekat China, khususnya di Laut China Selatan, Laut China Timur, dan Selat Taiwan.

Baca Juga: Rudal China bisa serang Jakarta dan Laut Jawa bila kuasai seluruh Laut China Selatan

Libatkan kapal induk?




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×