kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kanada akan mulai lelang bandwidth untuk peluncuran 5G


Rabu, 16 Juni 2021 / 11:10 WIB
Kanada akan mulai lelang bandwidth untuk peluncuran 5G
ILUSTRASI. Bendera Kanada. REUTERS/Denis Balibouse


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - VANCOUVER. Kanada akan memulai lelang bandwidth telekomunikasi seluler yang yang tertunda lebih dari satu tahun oleh pandemi. Hal ini terkait dengan keperluan untuk peluncuran 5G.

Mengutip Reuters, spektrum yang dibutuhkan perusahaan untuk menyediakan 5G adalah 3.500 MHz yang berarti membutuhkan lebih banyak bandwidth untuk memperluas kemampuan internet. Lelang ini diperkirakan akan memakan waktu beberapa minggu dengan pemerintah Kanada menjual 1.504 lisensi di 172 area layanan.

Operator kecil juga akan mengikuti lelang tersebut namun mengeluhkan peraturan baru yang justru mendukung tiga perusahaan telekomunikasi terbesar di negara itu. Sebagai informasi, tiga perusahaan tersebut adalah BCE, Telus dan Rogers Communications Inc yang bersama-sama mengendalikan sekitar 90% pasar sebagai bagian dari pendapatan.

Baca Juga: GM tingkatkan anggaran pengeluaran untuk kendaraan listrik hingga US$35 miliar

Sekitar 23 penawar termasuk pemain regional seperti Cogeco dan Quebec's Videotron berpartisipasi dalam proses lelang tersebut. Shaw Communications tidak mendaftar untuk berpartisipasi karena sedang ada tawaran akuisisi senilai  US$ 16 miliar dari Rogers. 

Beberapa ahli mengatakan pemerintah telah mencoba untuk menyamakan kedudukan dengan keputusannya untuk menyisihkan sebagian spektrum di area tertentu untuk perusahaan kecil. Gregory Taylor, seorang ahli spektrum dan profesor di University of Calgary, mengatakan dia senang pemerintah melelang area cakupan geografis yang lebih kecil.

“Dalam lelang sebelumnya di mana lisensi mencakup seluruh provinsi, penyedia kecil tidak dapat berpartisipasi karena mereka tidak dapat berharap untuk mencakup kisaran yang diperlukan dalam lisensi," kata Taylor.

Wilayah geografis yang lebih kecil berarti mereka memiliki peluang yang lebih baik untuk memenuhi persyaratan lisensi, seperti memberikan layanan kepada 90% populasi dalam waktu lima tahun sejak tanggal penerbitan.

Baca Juga: Kejar target, China akan kirim astronot tertua ke luar angkasa

Lelang tidak memiliki tanggal akhir yang dijadwalkan, meskipun kementerian yang bertanggung jawab atas lelang spektrum mengatakan pemenang akan diumumkan dalam waktu lima hari setelah penyelesaian penawaran.

Selanjutnya: IMF pangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Filipina di 2021 jadi 5,4%




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×