kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45941,36   -7,11   -0.75%
  • EMAS923.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.83%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.19%

Kapal induk AS memasuki Laut China Selatan saat pesawat tempur China ancam Taiwan


Minggu, 24 Januari 2021 / 15:50 WIB
Kapal induk AS memasuki Laut China Selatan saat pesawat tempur China ancam Taiwan
ILUSTRASI. Kapal induk AS memasuki Laut China Selatan, saat pesawat tempur China ancam Taiwan

Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  TAIPEI. Sebuah kelompok kapal induk Amerika Serikat (AS) yang dipimpin USS Theodore Roosevelt telah memasuki Laut China Selatan untuk mempromosikan "kebebasan laut". Hal itu dikatakan militer AS pada hari Minggu, di saat ketegangan antara China dan Taiwan telah menimbulkan kekhawatiran di Washington.

Komando Indo-Pasifik AS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kelompok penyerang memasuki Laut China Selatan pada hari Sabtu, pada hari yang sama Taiwan melaporkan serangan besar pesawat pengebom dan jet tempur China ke zona identifikasi pertahanan udaranya di sekitar Kepulauan Pratas.

Militer AS mengatakan kelompok penyerang kapal induk berada di Laut China Selatan, yang sebagian besar diklaim oleh China, untuk melakukan operasi rutin "untuk memastikan kebebasan laut, membangun kemitraan yang memupuk keamanan maritim" ungkap militer AS seperti dilansir Reuters, Minggu (24/1).

"Setelah berlayar melalui perairan ini selama 30 tahun karir saya, sangat menyenangkan berada di Laut Cina Selatan lagi, melakukan operasi rutin, mempromosikan kebebasan laut, dan meyakinkan sekutu dan mitra," Laksamana Muda Doug Verissimo, komandan kelompok pemogokan.

Baca Juga: AS mendesak China untuk menghentikan tekanan terhadap Taiwan

“Dengan dua pertiga perdagangan dunia yang melewati wilayah yang sangat penting ini, sangat penting bagi kami untuk mempertahankan kehadiran kami dan terus mempromosikan tatanan berbasis aturan yang memungkinkan kita semua untuk makmur,” kata Verissimo dalam pernyataannya.

Pengumuman itu datang hanya beberapa hari setelah Joe Biden dilantik sebagai presiden AS.

Calon Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, mengatakan pada sidang konfirmasi Senatnya pada hari Selasa bahwa tidak diragukan lagi China merupakan tantangan paling signifikan bagi Amerika Serikat di negara mana pun.

China telah berulang kali mengeluh tentang kapal Angkatan Laut AS yang mendekati pulau-pulau yang diduduki China di Laut China Selatan, di mana Vietnam, Malaysia, Filipina, Brunei, dan Taiwan semuanya memiliki klaim yang bersaing.

Theodore Roosevelt didampingi kapal penjelajah rudal kelas Ticonderoga USS Bunker Hill, dan kapal perusak rudal kelas Arleigh Burke USS Russell dan USS John Finn, kata pernyataan AS. kelompok pengangkut memasuki Laut Cina Selatan di tengah ketegangan Taiwan.

Selanjutnya: Taiwan kerahkan rudal saat pesawat tempur China masuk wilayah udaranya

 

 

 




TERBARU

[X]
×