Kapal perang AS kembali bergerak ke Laut Hitam, ini yang dilakukan militer Rusia

Rabu, 28 April 2021 | 04:44 WIB Sumber: Reuters
Kapal perang AS kembali bergerak ke Laut Hitam, ini yang dilakukan militer Rusia

ILUSTRASI. Kapal fregat Admiral Essen dari Armada Laut Hitam Rusia.


KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Armada Laut Hitam Rusia meluncurkan latihan tempur angkatan laut pada hari Selasa (27/4/2021) ketika kapal penjaga pantai AS kembali menuju ke Laut Hitam. Hal ini semakin meningkatkan ketegangan antara Rusia dan Barat.

Reuters memberitakan, Moskow membuat khawatir ibu kota Kyiv dan Barat dalam beberapa pekan terakhir dengan menempatkan pasukan di sepanjang perbatasan dengan Ukraina, meskipun pekan lalu memerintahkan penarikan beberapa pasukan.

Kantor berita Interfax melaporkan, armada Laut Hitam Rusia mengatakan pada hari Selasa bahwa kapal penjelajah Moskva akan mengadakan latihan tembak langsung dengan kapal dan helikopter militer lainnya.

Beberapa jam sebelumnya, Angkatan Laut AS di Eropa mengatakan kapal Penjaga Pantai AS Hamilton, sebuah kapal pemotong, sedang bergerak ke Laut Hitam untuk bekerja dengan sekutu dan mitra NATO di wilayah tersebut.

Baca Juga: Admiral Nakhimov, kapal perang Rusia siap menjelma jadi yang terkuat di dunia

Kantor berita RIA mengutip kementerian pertahanan Rusia pada Selasa malam mengatakan bahwa Hamilton telah memasuki Laut Hitam dan sedang dilacak oleh armada Rusia.

Rusia mengatakan penambahan pasukannya di dekat perbatasan dengan Ukraina adalah bagian dari latihan sebagai tanggapan atas apa yang mereka sebut perilaku mengancam NATO.

Baca Juga: Rusia gelar latihan militer besar-besaran, 60 kapal perang dan 200 pesawat tempur

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru