kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kapal perang AS melepaskan tembakan peringatan ke kapal Garda Revolusi Iran


Kamis, 29 April 2021 / 09:43 WIB
Kapal perang AS melepaskan tembakan peringatan ke kapal Garda Revolusi Iran


Sumber: Arab News | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - DUBAI. Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) pada hari Rabu (28/4) mengumumkan pihaknya telah melepaskan tembakan peringatan kepada sebuah kapal Iran di wilayah Teluk Arab.

Arab News melaporkan, sebuah kapal Garda Revolusi Iran terlalu dekat dengan patroli di Teluk Arab. Hal ini memaksa armada AS untuk bertindak.

Insiden ini terjadi pada hari Senin (26/4) malam di perairan internasional di bagian utara Teluk Arab dekat Kuwait, Iran, Irak dan Arab Saudi.

Kapal patroli kelas Cyclone USS Firebolt melepaskan tembakan peringatan setelah tiga kapal Penjaga serang cepat datang dalam jarak 62 meter darinya dan kapal patroli Penjaga Pantai AS USCGC Baranoff.

"Awak AS mengeluarkan banyak peringatan melalui radio dan perangkat pengeras suara, tetapi kapal Iran elanjutkan manuver jarak dekat mereka. Awak Firebolt kemudian melepaskan tembakan peringatan," ungkap Komodor Rebecca Rebarich, juru bicara Armada ke-5 yang berbasis di Timur Tengah.

Baca Juga: Aliansi AS-Israel berencana bentuk kelompok khusus untuk atasi drone dan rudal Iran

Terakhir kali kapal Angkatan Laut melepaskan tembakan peringatan di Teluk Arab dalam insiden yang melibatkan Iran adalah pada Juli 2017.

Saat itu, USS Thunderbolt, kapal saudara Firebolt, menembak untuk memperingatkan kapal Garda Revolusi Iran.

Aturan yang disahkan tahun llau memang memberi wewenang kepada komandan angkatan laut untuk mengambil tindakan defensif yang sah terhadap kapal di Timur Tengah dalam jarak 100 meter.

Dilansir dari AP, pada tahun 2017 Angkatan Laut AS mencatat 14 aksi yang digambarkan sebagai interaksi tidak aman dan atau tidak profesional dengan pasukan Iran. Pada tahun 2016 ada 35 aksi, dan 2015 ada 23 aksi.

Insiden di laut hampir selalu melibatkan Garda Revolusi, yang hanya tunduk kepada Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

Biasanya, insiden melibatkan speedboat Iran yang dipersenjatai dengan senapan mesin yang dipasang di dek dan peluncur roket untuk menguji senjata atau membayangi kapal induk Amerika yang melewati Selat Hormuz.

Selanjutnya: 3 Kapal serang Iran mendekat, 2 kapal patroli AS beri tembakan peringatan




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×