kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%

Kapal Selam Wisata Bangkai Titanic Belum Ditemukan, Tim Pencari : Ada Suara Bising


Kamis, 22 Juni 2023 / 00:49 WIB
Kapal Selam Wisata Bangkai Titanic Belum Ditemukan, Tim Pencari : Ada Suara Bising
ILUSTRASI. The Titan submersible, operated by OceanGate Expeditions to explore the wreckage of the sunken SS Titanic off the coast of Newfoundland, dives in an undated photograph. OceanGate Expeditions/Handout via REUTERS NO RESALES.


Sumber: CBSNews,BBC | Editor: Syamsul Azhar

Kapal selam wisata bangkai Titanic belum ditemukan - Penjaga Pantai AS menyebut ada sumber kebisingan di sekitar lokasi hilangnya kapal selam wisata bangkai kapal Titanic

John Mauger Penjaga Pantai AS, yang memimpin pencarian kapal selam wisata bangkai Titanic mengatakan, kepada CBS News bahwa ini adalah operasi yang rumit dan upaya internasional.

Mauger mengkonfirmasi sebuah pesawat telah mendeteksi kebisingan di air yang ditangkap oleh pelampung sonar pada hari Selasa, tetapi mengatakan: "Kami tidak tahu sumber kebisingan itu."

Baca Juga: Daftar Penumpang Kapal Selam Wisata Bangkai Titanic, Ada Miliarder Inggris & Pakistan

Dia mengatakan ada banyak benda logam di lokasi bangkai kapal Titanic, yang bisa jadi merupakan sumber suara itu.

Mauger menambahkan bahwa operasi pencarian akan berlanjut "selama ada kesempatan untuk bertahan hidup" dan lebih banyak kapal akan tiba di lokasi untuk bergabung, lapor BBC.

Tim pencarian kapal selam wisata bangkai Kapal Titanic yang hilang telah mengumumkan daftar manives penumpang yang ikut hilang bareng kapal selam wisata bangkai kapal Titanic

Dalam perkembangan yang menggemparkan, sebuah kapal selam wisata bangkai kapal Titanic dengan lima orang di dalamnya, termasuk miliarder Inggris Hamish Harding, dilaporkan hilang di Samudera Atlantik di lepas pantai Kanada. 

Kapal selam tersebut membawa wisatawan dalam paket perjalanan wisata berharga US$ 250.000 untuk melihat sisa-sisa bencana Titanic tahun 1912. 

Baca Juga: Aktor Leonardo DiCaprio terancam dideportasi

Kapal Titanic tenggelam di kedalaman 12.500 kaki (3.800m) di bawah permukaan laut. Sementara kapal selam wisata bangkai kapal Titanic dikabarkan hilang pada Minggu (19/6). Kapal itu memiliki kapasitas oksigen untuk bertahan selama 70 jam.

Berikut adalah informasi menganai penumpang di kapal selam wisata bangkai kapal Titanic tersebut:

Hamish Harding:

Hamis Harding adalah miliarder Inggris yang terkenal dan juga ketua Action Aviation, perusahaan penerbangan, termasuk dalam daftar penumpang yang hilang. 

Perusahaan Harding, yang berbasis di Dubai, mengungkapkan kebanggaannya sebagai "spesialis misi" dalam perjalanan ini melalui media sosial, menyatakan bahwa karena kondisi musim dingin terburuk di Newfoundland dalam 40 tahun terakhir, ekspedisi ini kemungkinan akan menjadi satu-satunya ekspedisi berawak ke Titanic pada tahun 2023. 

Harding dikenal karena terlibat dalam misi penerbangan "One More Orbit" pada tahun 2019 yang memecahkan rekor sebagai penerbangan tercepat mengelilingi Bumi melewati kedua kutub.

Baca Juga: Titanic dan 5 Film Bergenre Angst Ini Dijamin Bakal Bikin Sedih Penonton

Shahzada Dawood dan Suleman: 

Shahzada Dawood, Vice Chairman salah satu konglomerasi terbesar Pakistan, Engro Corporation, dikonfirmasi berada di dalam kapal selam tersebut bersama putranya, Suleman. 

Menurut informasi dari SETI, sebuah lembaga riset berbasis di California di mana Shahzada menjadi dewan pengawas, dia tinggal di Inggris bersama istri dan dua anaknya. 

Shahzada adalah seorang yang dikenal memiliki minat fotografi satwa liar, berkebun, dan eksplorasi habitat alami, sementara Suleman merupakan penggemar literatur fiksi ilmiah, sesuai dengan pernyataan dari Dawood Group.

Paul-Henri Nargeolet:

Seorang penjelajah asal Prancis berusia 77 tahun, yang kabarnya termasuk salah satu dari lima orang di dalam kapal selam tersebut. 

Nargeolet adalah direktur penelitian bawah air di sebuah perusahaan yang memiliki hak atas reruntuhan Titanic. 

Sebagai mantan komandan Angkatan Laut Prancis, dia memiliki pengalaman sebagai penyelam laut dalam dan penjinak ranjau. 

Setelah pensiun dari angkatan laut, dia memimpin ekspedisi penyelamatan pertama ke Titanic pada tahun 1987 dan diakui sebagai otoritas utama mengenai lokasi reruntuhan tersebut. 

Dalam wawancara dengan radio France Bleu pada tahun 2020, Nargeolet berbicara tentang bahaya menyelam dalam laut dalam, mengatakan, "Saya tidak takut mati, saya yakin itu akan terjadi suatu hari nanti."

Baca Juga: Berkejaran dengan Waktu, Oksigen Kapal Selam Wisata Titanic Bakal Habis Kamis Pagi

Stockton Rush: 

Pendiri dan CEO perusahaan operasional OceanGate yang berbasis di Amerika Serikat juga berada di dalam kapal selam tersebut, seperti yang dilaporkan oleh media. 

Rush menggambarkan Titanic sebagai "reruntuhan yang sangat indah" dalam wawancara dengan Sky News Inggris pada awal tahun ini. 

Menurut biografi di situs web OceanGate, Rush menjadi pilot transportasi jet termuda di dunia saat ia memperoleh rating DC-8 Type/Captain pada usia 19 tahun di United Airlines Jet Training Institute pada tahun 1981.

Sebagai gambaran OceanGate adalah perusahaan yang berbasis di Everett, Washington. OceanGate mengklaim menggunakan kapal selam berawak generasi terbaru dan platform peluncuran untuk meningkatkan akses ke dasar laut dengan kedalaman hingga 4.000 meter.




TERBARU

[X]
×