kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.409.000   3.000   0,21%
  • USD/IDR 15.400
  • IDX 7.681   8,15   0,11%
  • KOMPAS100 1.170   3,35   0,29%
  • LQ45 944   2,08   0,22%
  • ISSI 225   0,47   0,21%
  • IDX30 478   0,47   0,10%
  • IDXHIDIV20 581   0,17   0,03%
  • IDX80 132   0,44   0,34%
  • IDXV30 139   1,29   0,94%
  • IDXQ30 160   -0,09   -0,06%

Kapal Tanker Membawa 2 Juta Barel Minyak Mentah Iran Tabrakan di Dekat Singapura


Sabtu, 20 Juli 2024 / 06:27 WIB
Kapal Tanker Membawa 2 Juta Barel Minyak Mentah Iran Tabrakan di Dekat Singapura
ILUSTRASI. A handout image shows the RSS Supreme's rigid-hulled inflatable boat in the vicinity of the burning vessels following a fire on two oil tankers about 55 km (34 miles) northeast of the Singaporean island of Pedra Branca, July 19, 2024. Republic of Singapore Navy/Handout via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Dua tanker minyak besar terbakar pada Jumat (19/7), setelah bertabrakan di dekat Singapura, pelabuhan pengisian bahan bakar terbesar di dunia.

Dengan dua anggota kru diterbangkan ke rumah sakit dan yang lainnya diselamatkan dari rakit penyelamat, menurut otoritas dan salah satu pemilik tanker.

Singapura adalah pusat perdagangan minyak terbesar di Asia dan pelabuhan pengisian bahan bakar terbesar di dunia.

Perairannya yang mengelilingi merupakan jalur perdagangan penting antara Asia dan Eropa serta Timur Tengah dan merupakan salah satu jalur laut tersibuk di dunia.

Tanker berbendera Singapura Hafnia Nile dan tanker berbendera Sao Tome dan Principe Ceres I berada sekitar 55 km timur laut pulau Pedra Branca, Singapura, di jalur timur Selat Singapura, kata Otoritas Maritim dan Pelabuhan Singapura (MPA).

Baca Juga: Dua Kapal Tanker Bertabrakan di Lepas Pantai Singapura, Kepulan Asap Hitam Terlihat

Seluruh 22 kru Hafnia Nile dan 40 kru Ceres I berhasil diselamatkan, kata MPA, yang menerima laporan kebakaran pada pukul 6:15 pagi (2215 GMT).

Pemilik Hafnia Nile mengonfirmasi bahwa kapal tersebut terlibat dalam tabrakan dengan Ceres I yang dimiliki oleh China.

Foto-foto yang dirilis oleh Angkatan Laut Singapura menunjukkan asap hitam tebal mengepul dari salah satu tanker dan kru yang diselamatkan dari rakit penyelamat dan diterbangkan ke rumah sakit.

Otoritas lingkungan di negara tetangga Malaysia mengatakan, mereka telah diberitahu untuk bersiap menghadapi potensi tumpahan minyak.

Norwegia's Gard, salah satu perusahaan asuransi Hafnia Nile, mengatakan kepada Reuters bahwa masih terlalu dini untuk menilai dampak lingkungan.

"Kami mendukung anggota kami yang sedang menangani insiden ini," kata Gard.

Lalu lintas navigasi tidak terpengaruh, meskipun status kapal atau adanya polusi belum diketahui saat ini, kata juru bicara Organisasi Maritim Internasional (IMO) PBB.

"Tidak ada pengawasan udara yang dilakukan sejauh ini," kata juru bicara tersebut.

"Aset penyelamatan dan pemadam kebakaran telah diatur oleh kedua pemilik kapal untuk mendukung upaya pemadaman kebakaran dan penarikan kapal ke tempat yang aman."

Baca Juga: Penggunaan QRIS Cross Border Kian Diminati, Kerjasama Makin Diperluas

Juru bicara IMO mengatakan, tim penyelamat telah ditunjuk dan sedang dalam perjalanan ke area tersebut.

Tanker Panamax Hafnia Nile dengan kapasitas 74.000 ton bobot mati membawa sekitar 300.000 barel nafta, menurut data pelacakan kapal dari Kpler dan LSEG.

Ceres I adalah supertanker kapal pengangkut minyak mentah yang sangat besar, yang data pelacakannya terakhir menunjukkan membawa sekitar 2 juta barel minyak mentah Iran.

"Ceres I telah sering menjadi kapal yang menghilang selama bertahun-tahun," kata Matt Stanley, kepala keterlibatan pasar EMEA & APAC dengan Kpler, merujuk pada saat kapal mematikan transponder pelacakan AIS mereka.

Stanley mengatakan, sinyal AIS terakhir yang dikirim kapal tersebut sekitar Maret menunjukkan kapal tersebut membawa minyak mentah Iran, yang telah dicoba dibatasi oleh AS, termasuk dengan menjatuhkan sanksi pada pelabuhan, kapal, dan kilang yang terlibat dalam perdagangan tersebut.

"Dia berada di tempat jangkar (pada hari Jumat). Kita bisa cukup yakin bahwa dia membawa minyak mentah Iran dan sedang menuju ke Tiongkok," kata Stanley.

Baca Juga: Singapura Blokir 95 Akun Medsos Terkait Pengusaha China Guo Wengui, Kenapa?

Risiko Armada Bayangan

S&P Global mengatakan dalam laporan bulan April bahwa China membeli sekitar 90% ekspor minyak mentah Iran, seringkali dengan harga diskon.

Ceres I tidak bergerak sejak 11 Juli, menurut data pengiriman LSEG.

Area tempat Ceres I berlabuh diketahui digunakan oleh kapal-kapal armada bayangan untuk transfer minyak Iran yang melanggar sanksi AS, kata Michelle Wiese Bockmann, analis utama di Lloyd's List Intelligence.

"Ceres I telah berulang kali terlibat dalam transfer atau pengiriman minyak Iran yang melanggar sanksi AS," katanya.

Sumber-sumber pengiriman mengatakan bahwa tanker tersebut juga terlibat dalam pengangkutan minyak Venezuela, yang juga berada di bawah sanksi AS, ke China dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Gangguan IT Melanda Maskapai Penerbangan dan Perusahaan di Beberapa Negara

Pemilik Ceres I yang berbasis di China tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar. China berulang kali mengatakan menentang sanksi unilateral.

Diperkirakan hingga 850 tanker minyak mengoperasikan armada bayangan yang mengangkut minyak dari negara-negara seperti Iran dan Venezuela serta Rusia, yang memiliki beberapa pembatasan pada ekspor minyaknya.

Pejabat industri pengiriman telah memperingatkan bahwa masalah keselamatan meningkat karena kapal-kapal yang menua dan tidak diatur.

Kapal Ceres I dibangun pada tahun 2001 sementara Hafnia Nile dibangun pada tahun 2017, menurut data pengiriman.

Tidak jelas siapa yang menyediakan asuransi untuk Ceres I, yang tidak tercakup oleh penyedia terkemuka seperti Gard, menurut data lain.




TERBARU
Kontan Academy
Penyusunan Perjanjian & Pengikatan Jaminan Kredit serta Implikasi Positifnya terhadap Penanganan Kredit / Piutang Macet Advanced Excel Formulas & Functions

[X]
×