kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kapsul SpaceX dengan awak sipil pertama di dunia sukses mendarat di Samudera Atlantik


Minggu, 19 September 2021 / 09:34 WIB
Kapsul SpaceX dengan awak sipil pertama di dunia sukses mendarat di Samudera Atlantik
ILUSTRASI. Awak sipil Inspiration 4 menaiki kapsul Crew Dragon dan roket SpaceX Falcon 9 yang diluncurkan dari Pad 39A di Kennedy Space Center, Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat, Rabu (15/9).


Reporter: Anna Suci Perwitasari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID -  NEW YORK. Misi Inspiration4 milik SpaceX berhasil mendarat dengan baik di lepas Florida, Amerika Serikat (AS), Sabtu (18/9) waktu setempat. Misi perdana yang membawa empat awak sipil ke luar angkasa ini sudah menyelesaikan penerbangan tiga hari dengan seluruh awak kru yang merupakan warga sipil pertama yang pernah diluncurkan ke luar angkasa.

Kapsul SpaceX's Crew Dragon, yang dijuluki Resilience, diterjunkan ke laut yang tenang di Samudera Atlantik, sekitar pukul 19.00 malam waktu setempat, sesaat sebelum matahari terbenam di wilayah itu. Pendaratan misi ini pun disiarkan secara langsung oleh SpaceX dalam saluran YouTube-nya.

Dalam waktu satu jam, keempat awak yang tersenyum terlihat muncul satu per satu dari palka samping kapsul setelah pesawat yang tampak hangus di bagian luarnya, diangkat dari laut ke dek kapal pemulihan SpaceX.

Masing-masing dari empat kru berdiri di geladak selama beberapa saat di depan kapsul untuk melambai dan mengacungkan jempol ke arah kamera. Masing-masing kemudian dikawal ke stasiun medis di atas kapal untuk pemeriksaan yang akan mereka jalani di laut.

Setelah itu, para astronot amatir tersebut akan diterbangkan dengan helikopter kembali ke Cape Canaveral untuk reuni dengan keluarga dan orang-orang terkasih, kata SpaceX.

Baca Juga: Makin panas, Elon Musk ejek Jeff Bezos terkait investasi startup anti-penuaan

Saat kembali ke bumi, pesawat luar angkasa itu melalui atmosfer bumi yang menghasilkan panas gesekan yang mengirim suhu di sekitar ke 3.500 derajat Fahrenheit setara 1.927 derajat Celcius di bagian luar badan kapsul. Namun, seluruh awak kapal sudah menggunakan pakaian penerbangan astronot dan helmnya yang dirancang agar tetap dingin jika kabin memanas.

Tepuk tangan terdengar dari pusat kendali penerbangan SpaceX di pinggiran kota Los Angeles, saat parasut pertama terlihat dikerahkan, dan memperlambat penurunan kapsul tersebut menjadi sekitar 15 mil per jam setara 24,14 kilometer per jam sebelum akhirnya jatuh saat pesawat menghantam air.

Para astronot yang merupakan warga sipil itu kembali bersorak saat mereka melangkah ke dek kapal pemulihan.

Yang pertama adalah Hayely Arceneaux berusia 29 tahun. Dia adalah seorang asisten dokter di Pusat Penelitian Anak St. Jude di Tennessee, yang juga merupakan seorang penyintas kanker tulang saat kanak-kanak. Dia juga menjadi orang termuda yang pernah mencapai orbit Bumi pada misi Inspiration4.

Dia diikuti secara berurutan oleh geoscientist dan mantan kandidat astronot NASA Sian Proctor berumur 51 tahun, insinyur data kedirgantaraan dan veteran Angkatan Udara Chris Sembroski uang berusia 42 tahun, dan akhirnya miliarder dermawan dan "komandan misi" Jared Isaacman yang berusia 38 tahun.

SpaceX, perusahaan peroketan swasta yang didirikan oleh CEO pembuat mobil listrik Tesla Inc, Elon Musk, memasok pesawat ruang angkasa, meluncurkannya dan menerbangkannya dari markas besar perusahaan di pinggiran kota Los Angeles juga akan menangani operasi pemulihan pada para kru.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×