kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kasus corona membanjiri rumah sakit, dokter AS: Kami tenggelam


Rabu, 25 November 2020 / 06:28 WIB
Kasus corona membanjiri rumah sakit, dokter AS: Kami tenggelam
ILUSTRASI. Ini cerita mengenai kecemasan dokter-dokter di Amerika Serikat tentang membludaknya kasus virus corona di sana. REUTERS/Mike Blake


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Ini cerita mengenai kecemasan dokter-dokter di Amerika Serikat tentang membludaknya kasus virus corona di sana.

Dr Drew Miller memahami, pasiennya harus segera dipindahkan.

Melansir Reuters, tanda-tanda vital dari korban Covid-19 berusia 30 tahun itu semakin memburuk, dan Rumah Sakit Kearny County di pedesaan Lakin, Kansas, tidak diperlengkapi untuk menangani kasus tersebut. Miller, kepala petugas medis Kearny - yang merangkap sebagai petugas kesehatan daerah - menelepon ke rumah sakit yang lebih besar untuk mencari tempat tidur ICU. Dengan kasus virus corona yang melonjak di seluruh Kansas, katanya, dia tidak dapat menemukan satu pun rumah sakit yang bisa menampung pasiennya.

Pada saat sebuah tempat tidur dibuka di tempat lain keesokan harinya, pemuda itu hampir mati. Selama 45 menit penuh, Miller dan stafnya melakukan kompresi dada dalam upaya putus asa untuk menyelamatkannya.

Baca Juga: Wall Street menguat ditopang persetujuan transisi pemerintahan AS

Entah bagaimana, kata Miller, denyut nadi pasien pulih, dan dikirim dengan ambulans ke fasilitas yang lebih besar sekitar 25 mil jauhnya. Miller kemudian berdoa bersama keluarganya, yang dia kenal “sangat baik” dari Lakin, sebuah kota yang berpenduduk hanya beberapa ribu orang.

"Benar-benar keajaiban dia bisa selamat," kata Miller kepada Reuters.

Setelah menghantam kota-kota besar AS pada musim semi, virus corona kini telah melanda pedesaan dan kota kecil Amerika. Dan tampaknya, kasus corona sudah merembes ke setiap sudut dan celah negara. Menurut wawancara Reuters dengan lebih dari selusin tenaga perawat medis dan pejabat kesehatan masyarakat di AS, banyak rumah sakit sangat kekurangan tempat tidur, peralatan, dan - yang paling penting - staf klinis, termasuk spesialis dan perawat.

Baca Juga: Vaksin corona ditemukan, negara mana yang pertama melakukan vaksinasi?

Kasus virus corona dan rawat inap meningkat secara nasional. Akan tetapi, Midwest - yang mencakup selusin negara bagian antara Ohio dan Dakota - kondisinya semakin memburuk. Menurut Proyek Pelacakan Covid, penyedia data yang dikelola oleh sukarelawan, tingkat kasus yang dilaporkan lebih dari dua kali lipat dari wilayah lain di Amerika Serikat. Dari pertengahan Juni hingga pertengahan November, kasus yang dilaporkan di Midwest meningkat lebih dari dua puluh kali lipat.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×