kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kasus Covid-19 pada remaja di Korsel meningkat jelang pembukaan kembali sekolah


Rabu, 03 November 2021 / 13:50 WIB
Kasus Covid-19 pada remaja di Korsel meningkat jelang pembukaan kembali sekolah
ILUSTRASI. Para wanita mengenakan masker berjalan di distrik perbelanjaan di tengah pandemi penyakit virus corona (COVID-19) di Seoul, Korea Selatan. REUTERS/Heo Ran


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Korea Selatan menyatakan akan meningkatkan pengujian Covid-19 di sekolah-sekolah setelah peningkatan tajam infeksi di kalangan anak-anak, beberapa pekan sebelm rencana pembukaan kembali sekolah secara nasional.

Mengutip Reuters, Rabu (3/11), lonjakan itu terjadi ketika aturan jarak sosial baru yang bertujuan untuk kembali ke normal secara bertahap mulai berlaku pada Senin. Aturan ini sebagai bagian dari rencana negara untuk bertahap bergerak menuju hidup berdampingan dengan Covid-19 pada awal 2022 seiring tingkat vaksinasi yang tinggi.

Korea Selatan telah sepenuhnya memvaksinasi hampir 90% dari populasi orang dewasa tetapi baru mulai menginokulasi anak-anak berusia antara 12 dan 17 dalam beberapa minggu terakhir, pemberian hanya 0,6% dari kelompok usia dengan kedua dosis sejauh ini.

"Ada kekhawatiran yang berkembang karena frekuensi wabah cluster baru telah meningkat, berpusat pada fasilitas pendidikan seperti pusat bimbingan belajar swasta dan sekolah," kata Menteri Dalam Negeri dan Keamanan Jeon Hae-cheol.

Baca Juga: Korea Utara desak warganya untuk makan lebih sedikit hingga 2025

Pemerintah akan memperluas penggunaan tes diagnostik reaksi rantai polimerase portabel (PCR) untuk Covid-19 di sekolah-sekolah di Seoul dan wilayah sekitarnya, dan memobilisasi lebih banyak personel pencegahan virus di sekolah-sekolah yang penuh sesak, katanya.

Korea Selatan berencana untuk membuka kembali sekolah secara nasional mulai 22 November.

Negara itu melaporkan 2.667 kasus baru untuk Selasa, meningkat lebih dari 1.000 dari hari sebelumnya. Hampir seperempat dari kasus baru ditemukan pada remaja, kata para pejabat.

"Para remaja menghabiskan banyak waktu dalam kehidupan komunal seperti sekolah dan pusat bimbingan belajar dan mereka juga aktif dalam kegiatan sosial," Son Young-rae, seorang pejabat senior kementerian kesehatan, mengatakan pada sebuah pengarahan.

"Kami percaya bahwa risiko infeksi pasti akan meningkat dan kasus yang dikonfirmasi akan terus melonjak yang berasal dari para remaja ini."

Korea Selatan belum melihat peningkatan nyata dalam kasus sakit parah di kalangan remaja, dengan hanya satu dari 378 pasien Covid-19 parah yang dirawat di rumah sakit. Korea Selatan juga melaporkan tingkat kematian yang relatif rendah yaitu 0,78%.

Vaksinasi untuk kelompok usia 12-17  tahun dimulai pada Oktober , menggunakan vaksin Pfizer/BioNTech.

Selanjutnya: Kekurangan pasokan chip, output pabrik Korea Selatan turun 1,8% yoy di September




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×