kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,53   1,89   0.20%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kasus virus corona melandai, Malaysia buka kembali kegiatan bisnis pekan depan


Jumat, 01 Mei 2020 / 11:09 WIB
Kasus virus corona melandai, Malaysia buka kembali kegiatan bisnis pekan depan
ILUSTRASI. Perdana Menteri Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - KUALA LUMPUR. Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin mengatakan, pemerintah Malaysia akan mengurangi pembatasan yang diberlakukan untuk menahan penyebaran virus corona dan memperbolehkan mayoritas bisnis untuk kembali beroperasi mulai Senin (4/5).

Mengutip Reuters, Jumat (1/5), dalam podato yang disiarkan televisi, Muhyiddin mengatakan, sektor ekonomi yang melibatkan banyak orang belum diizinkan untuk dibuka kembali.

Baca Juga: Hampir 100 warga Malaysia yang baru kembali dari Indonesia positif Covid-19

Malaysia menutup seluruh bisnis yang tidak penting dan sekolah, melarang pertemuan umum dan perjalanan terbatas sejak 18 Maret karena jumlah kasus virus corona meningkat.

Infeksi akibat virus corona di Malaysia mencapai 6,002 pada Kamis, dan laju kasus baru telah melambat dalam beberapa hari terakhir.

"Atas saran Kementerian Kesehatan dan berdasarkan data yang dikumpulkan dan best practice dari WHO, pemerintah memutuskan untuk membuka kembali sektor ekonomi dengan hati-hati dengan menegakkan prosedur operasi standar kesehatan yang ketat," jelas Muhyiddin seperti dikutip Reuters.

Ia menambahkan, beberapa prosedur tersebut termasuk penggunaan masker, berlatih menjaga jarak sosial dan menjaga kebersihan pribadi.

Kegiatan olahraga yang melibatkan kurang dari 10 orang seperti lari, bulu tangkis dan bersepeda akan diizinkan.

Restoran juga akan diizinkan untuk kembali membuka gerainya, tetapi mereka harus tetap menjaga jarak sosial yang ketat.

Baca Juga: Masuk masa pemulihan, Malaysia longgarkan Perintah Kontrol Gerakan

Maaysia belum mebuka kembali perbatasannya. Perjalanan antar negara juga tidak akan diizinkan.

Perdana Menteri juga mengatakan pemerintah telah kehilangan 63 miliar ringgit (US$ 14,68 miliar) dari pergerakan dan pembatasan perjalanan yang diberlakukan selama enam pekan, dan akan kehilangan 35 miliar ringgit lagi jika pembatasan diperpanjang sebulan.

Bulan lalu, Bank Sentral Malaysia memperingatkan bahwa ekonomi Malaysia bisa menyusut 2% atau tumbuh 0,5% pada tahun ini karena virus corona, dan menjadikannya yang terburuk dalam lebih dari satu dekade.

Malaysia mengumumkan paket stimulus senilai 250 miliar ringgit (US$ 58,23 miliar), termasuk suntikan fiskal sebesar 25 miliar ringgit untuk membantu meredam pukulan ekonomi dari pandemi virus corona.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Strategi Penagihan Kredit / Piutang Macet secara Dini & Terintegrasi serta Aman dari Jerat Hukum

[X]
×