kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kata analis terkait kemunculan kembali Jack Ma terhadap para investor


Kamis, 21 Januari 2021 / 23:01 WIB
Kata analis terkait kemunculan kembali Jack Ma terhadap para investor
ILUSTRASI. Jack Ma memberikan memberikan sambutan secara virtual pada acara penghargaan bagi guru pedesaan, Rabu (20/1/2021).


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kemunculan kembali Miliarder Jack Ma dalam video 50 detik tidak banyak membantu menyelesaikan masalah hubungan Alibaba Group dengan regulator yang membuat beberapa investor ragu-ragu untuk memiliki saham raksasa e-commerce China itu.

Kelegaan pada penampilan publik pertama Ma menambahkan Alibaba sebesar US$ 58 miliar pada hari Rabu karena saham Alibaba yang terdaftar di Hong Kong melonjak, meskipun keraguan merayap dalam sehari kemudian dan saham Alibaba turun lebih dari 3%.

Mengutip Reuters, Kamis (21/1), Jack Ma tidak muncul di depan umum sejak 24 Oktober, ketika dia mengecam sistem regulasi China. Itu membuatnya berada pada jalur yang bertentangan dengan para pejabat dan menyebabkan penangguhan  IPO Ant Group, senilai US$ 37 miliar.

Sebuah sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan Jack Ma mengosongkan jadwalnya akhir tahun lalu untuk menjaga profil, mendorong diskusi di Alibaba tentang kapan dan bagaimana dia harus muncul kembali untuk meyakinkan investor. Diputuskan bahwa dia harus melakukan sesuatu yang tampak sebagai bagian dari rutinitas normalnya, daripada apa pun yang terbuka yang dapat mengganggu pemerintah.

Baca Juga: Perusahaan Modal Ventura Bill Gates raih US$ 1 M untuk investasi teknologi bersih

Sementara Jack Ma telah mengundurkan diri dari posisinya di perusahaan. Namun  dia tetap memiliki pengaruh signifikan atas Alibaba dan Ant, dan tindakan keras peraturan terhadap kerajaan bisnisnya ditambah dengan ketidakhadirannya menjadi perhatian beberapa investor.

Ada skeptisisme bahwa kemunculan kembali Jack Ma yang singkat berarti bisnisnya baik-baik saja.

"Tidak semuanya aman bagi Alibaba dan itu adalah keputusan penilaian apakah Anda yakin perusahaan masih dapat berkembang dalam lingkungan yang berubah," kata Dave Wang, manajer portofolio di Nuvest Captial Singapura, yang memiliki saham Alibaba.

“Tanpa skeptisisme, harga akan jauh lebih tinggi,” katanya, menambahkan perusahaannya telah meningkatkan eksposur ke China dan dengan itu Alibaba, yang dia percaya dapat makmur dalam jangka menengah hingga panjang.

Dua dari investor perusahaan di Amerika Serikat yang telah menjual atau mengurangi posisi di Alibaba mengatakan bahwa mereka membutuhkan lebih banyak kepastian tentang perusahaan dan lingkungan peraturan sebelum mempertimbangkan kembali saham tersebut.

Baca Juga: Orang kaya dunia ramai-ramai tarik dana dari Alibaba

“Salah satu kriteria utama kami adalah kepemimpinan dan kami berinvestasi di Alibaba karena saya sangat menghormati Jack Ma sebagai pemimpin,” kata William Huston, pendiri dan direktur layanan kelembagaan di perusahaan penasihat investasi independen Bay Street Capital Holdings di Palo Alto, CA, dengan aset yang dikelola sebesar $ 86 juta.

“Kita semua tahu bahwa hanya karena dia muncul ... belum tentu menjelaskan apa yang sedang terjadi.”

Huston, yang perusahaannya memangkas kepemilikannya di perusahaan China tahun lalu dari 8% dari portofolionya menjadi kurang dari 1%, mengatakan penghentian IPO Ant pada November telah menyebabkan ketidakpastian, dan bahwa Alibaba "bukan investasi yang bijaksana".

Selanjutnya: Tidak dibunuh, tak dipenjara, ini kabar terbaru Jack Ma




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×