kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kecuali Serawak, Malaysia perpanjang Perintah Kontrol Gerakan di semua negara bagian


Selasa, 02 Februari 2021 / 15:59 WIB
Kecuali Serawak, Malaysia perpanjang Perintah Kontrol Gerakan di semua negara bagian
ILUSTRASI. Orang-orang yang memakai masker pelindung menyeberang jalan di depan Menara Kembar Petronas, di tengah wabah penyakit virus corona (COVID-19) di Kuala Lumpur, Malaysia, 11 Januari 2021.


Sumber: Channel News Asia | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - KUALA LUMPUR. Malaysia memperpanjang Perintah Kontrol Gerakan (MCO) untuk semua negara bagian dan wilayah federal, kecuali Sarawak, mulai 5 hingga 18 Februari 2021.

Bulan lalu, semua negara bagian di Malaysia kecuali Sarawak berada di bawah MCO, dari 22 Januari hingga 4 Februari untuk mengekang penyebaran virus corona baru.

"Kementerian Kesehatan memastikan, kasus harian di semua negara bagian ini masih menunjukkan tren yang meningkat, dengan tingkat kepositifan dalam kelompok antara 20 persen dan 40 persen," kata Menteri Senior Ismail Sabri. 

"Selain itu, penyebaran sporadis di masyarakat juga tinggi, baik yang melibatkan warga maupun nonwarga," ujar dia saat mengumumkan perpanjangan MCO, Selasa (2/2), seperti dikutip Channel News Asia.

Baca Juga: Cegah corona, semua negara bagian Malaysia kecuali Serawak di bawah Kontrol Gerakan

"Oleh karena itu, dengan mempertimbangkan evaluasi risiko dan saran Kementerian Kesehatan, pertemuan khusus hari ini telah memutuskan untuk memperpanjang MCO 2.0 di seluruh negeri, dari 5 Februari hingga 18 Februari, kecuali Sarawak yang akan terus berada di bawah MCO Bersyarat," ungkapnya.

Tidak bisa lagi lockdown total

Ketika Malaysia pertama kali berada di bawah MCO pada Maret tahun lalu, hampir semua kegiatan ekonomi terhenti, kecuali untuk layanan penting, seperti gerai makanan dan minuman serta apotek.

Penguncian tersebut membuat negara tersebut mengurangi kasus Covid-19 menjadi satu digit pada paruh pertama 2020. MCO digantikan oleh MCO Bersyarat dan MCO Pemulihan. Sementara pembatasan lokal berlaku di area dengan lonjakan kasus.

Sebaliknya, MCO saat ini, yang dijuluki "MCO 2.0", telah memungkinkan lebih banyak sektor ekonomi untuk terus berfungsi, seperti sektor otomotif dan peritel termasuk toko emas dan perhiasan.

Baca Juga: Malaysia akan meluncurkan stimulus tambahan US$ 3,7 miliar untuk mendorong ekonomi




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×