kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kedubes China sebut klaim Australia soal resolusi corona hanyalah lelucon


Selasa, 19 Mei 2020 / 14:28 WIB
Kedubes China sebut klaim Australia soal resolusi corona hanyalah lelucon
ILUSTRASI. Orang-orang berjalan di depan bendera China raksasa di sebuah distrik pusat bisnis menjelang peringatan berdirinya Republik Rakyat Tiongkok ke-70 di Chongqing, 13 September 2019.


Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - SYDNEY. Kedutaan Besar China untuk Australia mengatakan, "hanyalah lelucon" saat Australia mengklaim resolusi Majelis Kesehatan Dunia (WHA) yang menyerukan evaluasi penanganan global atas pandemi virus corona atas dorongan Canberra.

Hubungan Australia dan China memang tengah memburuk sejak sebulan terakhir. Tambah lagi, negeri kanguru mendorong penyelidikan independen tentang bagaimana wabah virus corona bisa menyebar hingga menewaskan 319.00 orang di dunia.

"Rancangan resolusi Covid-19 yang akan diadopsi oleh Majelis Kesehatan Dunia sama sekali berbeda dari proposal Australia untuk tinjauan internasional independen," kata juru bicara Kedutaan Besar China untuk Australia, Selasa (19/5).

Baca Juga: Bikin China berang, koalisi 62 negara termasuk Indonesia dorong penyelidikan corona

"Mengklaim resolusi WHA sebagai pembenaran atas dorongan Australia hanyalah lelucon," ujarnya melalui e-mail kepada Reuters.

Sejak kemarin hingga hari ini, WHA, badan pengambil keputusan di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menggelar pertemuan tahunan. Sebanyak 194 negara termasuk Indonesia mengikuti pertemuan yang berlangsung secara virtual tersebut.

Dalam pertemuan WHA, Senin (18/5), Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus berjanji akan melakukan evaluasi independen terhadap respons global atas virus corona sesegera mungkin, setelah muncul resolusi dari banyak anggota organisasi itu.

Baca Juga: Jawab seruan anggota, WHO janji segera lakukan evaluasi respons atas corona

Negara-negara Eropa dan Australia telah menggalang dukungan untuk rancangan mosi Uni Eropa yang menyerukan "evaluasi tidak memihak, independen, dan komprehensif" dari "respons kesehatan internasional terkoordinasi WHO untuk Covid-19".




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×