kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45672,14   1,07   0.16%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Kelompok bersenjata rampok tambang emas Meksiko, melarikan diri dengan pesawat


Jumat, 10 April 2020 / 07:12 WIB
Kelompok bersenjata rampok tambang emas Meksiko, melarikan diri dengan pesawat
ILUSTRASI. Emas batangan. REUTERS/Leonhard Foeger/File Photo

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - MEXICO CITY. Sekelompok pria bersenjata menyerbu sebuah tambang emas di Meksiko utara dan mencuri batangan emas dan perak sebelum melarikan diri dengan pesawat terbang ringan. Aksi perampokan itu dimumkan oleh operator tambang Minas de Oro Nacional.

Mengutip Reuters, Minas de Oro Nacional, anak perusahaan dari perusahaan Kanada Alamos Gold Inc., mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Rabu malam bahwa perampokan di tambang Mulatos di negara bagian Sonora terjadi ketika sekelompok lima orang "bersenjata berat" menyerang staf keamanan yang memindahkan bar dari logam mulia ke pesawat.

Baca Juga: Harga emas 24 karat Antam hari ini turun Rp 8.000 per gram, Kamis 9 April 2020

Dalam kurun waktu 10 menit, para perampok memuat barang-barang ke sebuah pesawat terpisah yang mendarat di sampingnya. Pesawat, yang tampaknya merupakan Cessna 206, kemudian lepas landas menuju pegunungan, kata Minas de Oro Nacional. Perusahaan itu tidak merinci jumlah atau nilai emas batangan yang dicuri.

Asosiasi Penambang Sonora (AMSAC) mengatakan, insiden itu adalah perampokan kedua baru-baru ini di sebuah tambang Sonora, setelah sebuah kelompok bersenjata pada akhir Maret mencuri dari Mineria Penmont, anak perusahaan Fresnillo. 

Baca Juga: Harga emas Antam hari ini turun Rp 17.000 menjadi Rp 946.000 per gram

Asosiasi menyerukan agar pemerintah Meksiko melakukan penegakan hukum dan bekerja sama dengan perusahaan pertambangan untuk meningkatkan keamanan di tengah ketidakstabilan yang lebih luas karena krisis virus corona.

"Selama keadaan darurat kesehatan ini ... industri tambang emasi berada dalam tahap transisi dalam operasinya untuk mematuhi perintah pemerintah federal dan negara bagian, yang menjadikannya target yang rentan untuk kejahatan terorganisir," kata asosiasi itu dalam sebuah pernyataan seperti yang dilansir Reuters.



TERBARU

[X]
×